Beberapa makanan untuk penambah nafsu makan anda ketika berbuka puasa

Beberapa makanan untuk penambah nafsu makan anda ketika berbuka puasa

Pada umumnya ketika berpuasa nafsu makan justru akan meningkat sampai membuat orang berlebihan mengkonsumsi hidangan ketika berbuka. Tetapi tidak jarang sebagian orang yang justru kehilangan nafsu makan saat menjalankan ibadah puasa.

Tentu saja bagi mereka, menjalankan puasa bukanlah sesuatu hal yang memberatkan di karenakan memang mereka sedang tidak nafsu makan. Solusinya bisa dengan mencoba mengkonsumsi jenis makanan penambah nafsu makan ketika berbuka puasa.

Mengkonsumsi jenis makanan penambah nafsu makan sangat penting di lakukan. Jangan sampai sudah menahan lapar serta haus seharian tetapi justru asupan nutrisi yang sangat di butuhkan oleh tubuh tidak tercukupi dengan baik dan seimbang.

Pada dasarnya tidak memiliki nafsu makan yang baik juga bukan pertanda yang baik untuk tubuh kita, apalagi ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Metabolisme dalam tubuh sudah pasti akan terganggu.

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang kehilangan nafsu makan. Mulai dari efek samping obat-obatan, spikologis sampai penyakit tertentu. Tetapi memang umumnya di sebabkan oleh faktor psikologis seperti stres serta depresi.

Otak akan melepaskan hormon adrenalin yang kemudian membuat jantung berdegub lebih cepat lalu membuat sistem pencernaan melambat. Dengan mengkonsumsi jenis makanan penambah nafsu makan ketika berbuka puasa, masalah pada nutrisi sedikit atau banyak dapat teratasi.

Berikut ulasan mengenai beberapa makanan penambah nafsu makan anda ketika berbuka puasa yang telah saya rangkum dari berbagai sumber:

Jenis makanan penambah nafsu makan


Makanan tinggi kalori


Ketika sedang tidak nafsu makan, tubuh anda akan menjadi lemas. Hal ini disebabkan karena kalori yang bisa di bakar oleh tubuh menjadi makin sedikit jumlahnya. Semakin anda merasa lemas, selara makanpun akan semakin berkurang. Hal ini jelas akan memperburuk jika tidak segera tindak lanjuti.

Agar fase berbahaya ini dapat di kondisikan, makanan tinggi kalori dapat menjadi penyelamat tubuh anda ketika berbuka puasa. Siasati dengan memaksimalkan asupan kalori setiap kali anda makan, walaupun porsinya tidak terlalu banyak.

Anda bisa mencoba mengkonsumsi roti dengan selai kacang daripada selai cokelat misalkan. Di sarankan memilih selai kacang di karenakan selai ini tinggi kalori serta kaya protein, mineral, serat yang bis membuat tubuh lebih terlihat bugar. Anda juga bisa mengandalkan ubi, mentega, keju, jagung, salmon serta santan kelapa.

Rempah-rempah


Lada, jahe, serta kayu manis adalah bahan-bahan alami yang telah di percaya sangat berkhasiat untuk penambah nafsu makan. Baham rempah ini bisa anda tambahkan pada masakan atau menyeduhnya menjadi teh yang dicampurkan dengan jahe serta kayu manis. 

Rempah-rempah inilah yang nantinya mampu merangsang sistem pencernaan menjadi sangat cepat bekerja. Tidak hanya itu, jahe juga terbukti ampuh meredakan sakit perut atau mual yang membuat kebanyakan orang yang tidak mempunyai nafsu makan.


Sayuran pahit


Walaupun pahit, ternyata sayuran seperti daun singkong, sawi pahit serta daun pepaya bisa di andalkan untuk merangsang produksi cairan empedu. Fungsi dari cairan empedu ini sangat baik untuk sistem pencernaan serta sangat di perlukan untuk merangsang nafsu makan.

Jika rasa pahit sayuran tersebut membuat nafsu makan anda hilang, anda bisa mensiasatinya dengan mengolahnya menjadi sayur kuah yang gurih yang tinggi kalori atau sebisa mungkin anda mengolahnya supaya rasa pahit sayuran ini hilang.


Sayuran penambah nafsu makan


Nah, ada juga sayuran penambah nafsu makan yang di nilai memiliki khasiat alami sebagai penambah nafsu makan. Contohnya seperti bawang putih, mentimun, tomat, serta lobak. Karena sayuran ini sangat kaya akan kandungan vitamin serta zat yang dapat membantu mengembalikan nutrisi yang hilang dan melawan infeksi.


Buah-buahan


Anda bisa juga memulai mengkonsumsi buah-buahan sebagai cemilan sehat, membuat anda lebih kenyang serta mampu merehidrasi tubuh anda ketika puasa. Selain mengenyangkan dan merehidrasi, cobalah untuk memilih juga buah yang dapat mengembalikan nafsu makan anda.

Contoh seperi anggur, beri hitam, apel, lemon. Buah-buahan ini bisa di andalkan untuk merangsang produksi enzim serta cairan empedu, yang bertugas untuk menjaga sistem pencernaan dapat bekerja dengan baik.


Penyebab tidak nafsu makan


Infeksi


Ada beberapa infeksi yang membuat nafsu makan anda hilang. Seperti radang pada paru-paru serta sistem pernapasan (hepatitis, influenza, pneumonia). Tidak hanya itu, infeksi yang menyerang sistem kekebalan tubuh seperti leukimia serta HIV juga ikut andil dalam mengubah selera makan seseorang.


Kelelahan atau stres


Sangat penting untuk anda ketahui, bahwa kebanyakan pikiran atau kelelahan juga sangat berisiko memicu kehilangan nafsu makan. Akan tetapi pada setiap orang memiliki gejala yang berbeda. Ada juga yang justru menjadi sering lapar ketika banyak pikiran.


Penyakit


Ketika anda sedang sakit atau merasa tidak enak badan, akan mengalami kehilangan nafsu makan. Terutam jika penyakit ini berkaitan dengan gangguan pencernaan seperti penyakit crohn, tifus, penyakir celiac yang di sebabkan oleh penyakit alergi terhadap gulten hingga kanker usus besar.

Tidak hanyak itu, tidak nafsu makan juga bisa menandakan gangguan kesehatan lain seperti penyakit hati, penyakit ginjal, dan penyakit jantung.

Selain itu penyakit yang menyerang fisik, tetapi penyakit yang menyerang kondisi kejiwaan seseorang seperti depresi, kecemasan atau skizofrenia juga biasanya muncul dengan tanda selera makan yang hilang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel