8 tips menjaga tubuh agar tetap fit ketika menjalani ibadah puasa

8 tips menjaga tubuh agar tetap fit ketika menjalani ibadah puasa

Ilustrasi gambar


Masarief.com - Satu minggu lebih sudah kita menjalani ibadah puasa. Di bulan ramadan ini seluruh umat islam di seluruh dunia tengah menjalani ibadah yang di wajibkan berpuasa selama sebulan penuh.

Ketika berpuasa, tubuh yang tidak mengkonsumsi makanan serta minuman pastinya akan merasa lemas. Seolah anda tidak memiliki energi untuk melakukan berbagai aktifitas bahkan anda bisa jatuh sakit karena tidak terbiasa.

Tapi tenang saja, karena ada berbagai cara agar tubuh anda tetap fit ketika menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh. Selain mengkonsumsi makanan yang sehat serta bernutrisi, anda juga tetap bisa menjalani olahraga demi menjaga kesehatan tubuh anda.

Nah, berikut 8 tips menjaga tubuh agar tetap fit ketika menjalani ibadah puasa. Yuk, simak ulasannya di bawah ini:



Makanlah secara bertahap


Ketika berbuka puasa telah tiba waktunya, biasakanlah untuk mengkonsumsi makanan secara bertahap. Hal ini bertujuan supaya sistem pencernaan anda tidak kaget, apalagi jika anda langsung mengkonsumsi makanan yang berlemak dalam porsi yang cukup banyak.

Ada baiknya jika anda memulai mengkonsumsi makanan yang ringan, seperti halnya buah-buahan, kemudian setelah beberapa saat anda bisa melanjutkannya mengkonsumsi makanan utama dengan porsi yang sewajarnya saja.

Anda juga bisa mengimbanginya dengan menambahkan jenis sayuran hijau pada menu sahur serta menu buka puasa, lho. Sayuran hijau seperti bayam, buncis, brokoli, asparagus, serta kale bisa membantu membakar lemak dalam tubuh, menambah cairan serta membuat anda merasa kenyang lebih lama.


Jaga asupan makanan


Setelah beberapa hari anda berpuasa, kemungkinan yang terjadi adalah berat badan anda akan berkurang dengan sendirinya. Tetapi anda harus menyadari, jika penurunan berat badan ini belum tentu terjadi secara menerus. Supaya berat badan anda tetap stabil serta tubuh tetap sehat, anda di haruskan menjaga asupan makanan yang masuk agar sesuai serta tidak berlebihan.


Konsumsi multivitamin


Tidak hanya makanan sehat saja, anda bisa mencoba menambahkan multivitamin sebagai cadangan energi tambahan. Untuk wanita, anda bisa memilih multivitamin yang mengandung banyak asam folat serta zat besi, sedangkan untuk pria yang kandungan vitamin serta mineral lebih tinggi.


Utamakan serat, hindari makanan pedas dan berminyak


Sebagai sumber energi bagi tubuh, anda butuh mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat ketika sahur serta berbuka. Makanan berserat juga membutuhkan waktu lama untuk di serap sehingga rasa laparpun bakal tertunda. Hindari juga makanan pedas serta berminyak agar lambung tidak bekerja keras dalam mencerna makanan.


Perbanyak minum air mineral


Beraktifitas selama puasa mungkin akan menguras tenaga, makanya anda di wajibkan untuk mengkonsumsi air mineral baik ketika sahur ataupun berbuka puasa. Air mineral bisa menetralisir bakteri organisme pada luka yang terdapat di lambung. Tidak hanya itu, air mineral juga bisa membersihkan serta mendorong sisa makanan yang menempel pada dinding lambung.


Istirahat yang cukup


Ketika beraktifitas serta menjalankan ibadah puasa, tubuh anda bekerja 2 kali lebih keras dari pada biasanya. Tidur selama 6-8 jam di malam hari dapat mengembalikan energi yang terkuras. Jika anda sempat, anda juga bisa melakukan power nap selama 10-15 menit pada siang hari.


Tetaplah berolahraga


Memang sedikit melelahkan, tetapi hal ini harus anda paksakan. Berolahraga ketika menjalani ibadah puasa memiliki banyak manfaat. Salah satunya yaitu mengusir bau mulut, bagaimanakah caranya? Ketika tubuh bergerak, keringat mengeluarkan racun-racun yang terdapat di dalam tubuh. Nah, hal inilah yang kemudian akan menetralkan bau mulut dari gas negatif yang berlebih pada siang hari.


Jangan memforsir tubuh


Satu hal yang sangat penting di lakukan untuk membantu penurunan berat badan ialah dengan melakukan olahraga. Tetapi, di saat anda sedang berpuasa, ada baiknya jika anda mencoba untuk mengurangi aktifitas fisik tersebut.

Anda bisa menggantinya dengan berjalan santai, atau melakukan olahraga ringan di gym setengah jam sebelum anda berbuka puasa. Jika anda tetap memforsir tubuh ketika berpuasa, anda akan merasakan kelelahan dan berpotensi menimbulkan cidera.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel