8 Manfaat kacang hazelnut bagi kesehatan, dapat menyehatkan jantung

8 Manfaat kacang hazelnut bagi kesehatan, dapat menyehatkan jantung

Filbert adalah nama lain dari kacang hazelnut. Sejenis kacang yang berasal dari pohon corylus. Kacang ini sudah banyak dibudidayakan di hampir setiap negara, seperti amerika dan italia. Tak heran karena banyak sekali manfaat kacang hazelnut yang bisa di dapatkan untuk kesehatan.

Kacang hazelnut memang kaya akan nutrisi serta padat gizi. Sangat kaya akan vitamin, serat, protein, mineral, serta lemak sehat. Anda bisa mengkonsumsinya sebagai cemilan sehat atau mengolahnya dengan masakan. Bagaimanapun cara penyajian dan pengolahannya, manfaat kacang hazelnut akan tetap anda dapatkan dan rasakan.

Baca juga: 7 Manfaat bayam yang dapat menunjang kesehatan anda selama puasa

Manfaat kacang hazelnut bisa jadi rekomendasi sebagai cemilan sehat untuk diet. Kaya akan serat dan rendah kalori. 1 ons kacang hazelnut terdapat 11.2 gram kandungan serat. Kacang ini juga bisa membantu menurunkan risiko kanker dan mengontrol gula darah dengan sangat baik.

Berikut ulasan manfaat kacang hazelnut untuk kesehatan yang telah saya rangkum dari berbagai sumber:


Menurunkan risiko kanker


Kacang hazelnut juga di kenal memiliki kandungan antioksidan proanthocyanidins yang sangat tinggi di bandingkan dengan kacang pada umumnya. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa antioksidan ini sangat ampuh mengobati serta mencegah beberapa jenis kanker. Yang utama adalah mampu melindungi tubuh dari stres oksidatif yang di sebabkan oleh kanker.

Tidak hanya itu, kacang hazelnut juga kaya akan vitamin E yang bisa membantu melindungi sel dari kerusakan yang di akibatkan oleh kanker. Kandungan mangan yang terdapat di dalamnya juga sangat membantu fungsi enzim spesifik. Enzim inilah yang nantinya akan membantu mengurangi kerusakan stres oksidatif serta menurunkan risiko kanker. Ekstrak juga sangat bermanfaat sebagai pengobatan kanker serviks, usus besar, payudara, dan hati.


Menjaga kesehatan otak


Mangan, folat, tiamin, vitamin E serta asam lemak yang tinggi yang terdapat dalam kacang hazelnut sangat ampuh dalam memperbaiki fungsi kognitif otak. Termasuk dalam mencegah penyakit degeneratif. Lalu kadar vitamin E yang tinggi pada kacang hazelnut bisa mengambil peran untuk mengobati dan mencegah penyakit seperti parkinson, demensia, dan alzheimer.

Mangan telah terbukti memiliki peran dalam aktivitas otak yang telah terhubung dengan fungsi kognitif. Sedangkan tiamin juga di sebut dengan vitamin saraf yang bisa membantu fungsi saraf pada seluruh tubuh, termasuk otak. Kandungan protein dan asam lemak dalam kacang hazelnut bisa membantu sistem kerja saraf serta mengatasi depresi.


Menurunkan kadar gula darah


Pasien diabetes yang mengkonsumsi kacang hazelnut akan mengalami penurunan lipid (darah) secara signifikan. Kacang ini bisa anda konsumsi dalam bentuk cemilan ringan. Hal ini disebabkan karena lemak sehat yang terdapat pada kacang ini tidak akan membuat berat badan anda naik. Sehingga ampuh dalam mengontrol tekanan darah.


Menyehatkan jantung


Lemak sehat serta antioksidan pada kacang hazelnut memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan sel serta menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 21 orang yang mengkonsumsi kacang hazelnut dalam kurun waktu 1 bulan sebanyak 18-20 persen dari total asupan kalori harian. Hal ini ternyata memberikan dampak positif bagi tubuh pengonsumsinya.

Bagi anda yang mengkonsumsi kacang hazelnut secara rutin, trigliserida, kadar kolesterol buruk (LDL) dapat berkurang secara signifikan. Termasuk adanya perbaikan pembuluh darah jantung serta peradangan dalam darah. Hingga saat ini kadar asam lemak, serat, kalium, antioksidan serta magnesium yang terdapat pada kacang hazelnut sangat di percaya, mampu menormalkan tekanan darah dalam tubuh.


Kaya antioksidan


Kacang ini kaya akan senyawa fenolik yakni antioksidan yang bisa membantu menurunkan kolesterol darah yang sangat ampuh dalam menyembuhkan peradangan. Senyawa ini juga bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan jantung dan memberikan perlindungan terhadap kanker.

Penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi kacang hazelnut dengan atau tanpa kulitnya secara konsisten, bisa membantu mengurangi kadar stres oksidatif dalam tubuh. Tetapi sebenarnya, mayoritas antioksidan pada kacang hazelnut ini berpusat pada kulitnya.


Meningkatkan jumlah sperma


Sebuah studi menyebutkan bahwa mengkonsumsi lebih banyak kacang hazelnut, ternyata bisa membantu meningkatkan jumlah sperma serta meningkatkan kualitas sperma. Tetapi studi ini hanya di lakukan dengan melibatkan peserta yang subur dan sehat.


Mendukung gerakan usus yang sehat


Kacang hazelnut termasuk dalam jenis makanan dengan sumber serat yang sangat baik. Semakin banyak serat yang anda konsumsi maka akan semakin melancarkan sistem pencernaan anda juga. Sehingga masalah pada buang air besar menjadi lebih teratur serta lancar tentunya. Termasuk pada sembelit dan ambeien bisa anda cegah lebih dini.


Meningkatkan sensitivitas insulin


Mengkonsumsi makanan dengan cara mencampurkan kacang hazelnut ternyata dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Mengkonsumsi campuran kacang 30 gram yang mengandung 7.5 gram kacang hazelnut setiap hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin pengkonsumsinya selama 12 minggu. Sehingga risiko diabetes akan sangat mudah di kurangi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel