7 Manfaat bayam yang dapat menunjang kesehatan anda selama puasa

7 Manfaat bayam yang dapat menunjang kesehatan anda selama puasa

Bayam sangat bermanfaat bagi kesehatan ketika puasa. Bayam adalah salah satu sayuran hijau dengan nutrisi yang melimpah, dengan mengkonsumsi bayam bisa membuat ibadah puasa anda menjadi lancar. Sayuran ini dapat menjaga daya tahan tubuh anda dan menghindarkan anda dari penyakit ketika puasa.

Anda bisa mengkonsumsi bayam dalam keadaan mentah, dalam bentuk jus, di tumis, di rebus, atau bisa juga anda campurkan dengan salad dan tentunya akan menambah cita rasa yang sangat lezat jika di konsumsi ketika sahur ataupun berbuka. Cara pengolahannyapun tidak terlalu memakan waktu yang cukup lama.

Baca juga: Pola makan yang kurang baik saat puasa bisa menimbulkan 4 penyakit ini

Manfaat bayam bagi kesehatan ketika puasa di pengaruhi oleh nutrisi yang berperan di dalamnya. Apalagi mengkonsumsi sayuran sebagai makanan sehat bisa menunjang aktivitas anda selama bulan ramadan sehingga membuat anda beribadah dengan lancar.

Berikut ini telah saya rangkum dari berbagai sumber tentang manfaat bayam bagi kesehatan ketika puasa:


Membuat tubuh kenyang lebih lama


Hal ini berkaitan erat dengan kandungan serat yang terdapat pada bayam sangat melimpah. Satu cangkir bayam terdapat kandungan hampir 3 persen dari nilai serat harian yang di rekomendasikan. Ini sangat cocok jika anda mengkonsumsi semangkuk salad bayam pada saat sahur.

Di dalam 100 gram bayam terkandung 2,2 gram serat. Hal inilah yang membuat bayam menjadi mengenyangkan bagi perut anda dalam jangka waktu yang lebih lama. Serat dapat memperlambat pencernaan makanan.


Menjaga stamina tubuh


Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi sangatlah penting untuk kelancaran ibadah di bulan ramadan ini, salah satunya yaitu bayam. Bayam merupakan penunjang kesehatan ketika puasa, dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lemas.

Bayam bisa menjadi rekomendasi untuk sahur ataupun berbuka supaya anda dapat beraktivitas dengan baik selama menjalankan ibadah puasa. Kandungan seperti mineral, vitamin serta seratnya membantu tubuh anda senantiasa tetap bugar dan tidak mudah lelah selama ramadan. Nutrisinya yang melimpah juga dapat menjaga stamina tubuh dengan baik.


Menjaga kesehatan jantung


Menurut sebuah penelitian mengungkapkan bahwa, mengkonsumsi bayam hampir setiap hari sangat baik untuk kesehatan jantung. Kandungan glikolipid pada bayam bisa membantu tubuh merancang nitric oksida, vasodilator alami. Nitric oksida dalam bayam juga berarti anda akan mengalami penurunan risiko terkena aterosklerosis.


Mencegah diabetes


Ketika berbuka puasa, sering kali biasanya anda mengkonsumsi makanan manis secara berlebih. Kandungan magnesium yang terdapat pada bayam dapat menjaga gula darah tetap teratur sehingga berdampak kurangnya risiko terkena diabetes.

Sangat penting untuk tubuh memastikan mendapatkan magnesium yang cukup. Satu cangkir bayam terdapat 6 persen dari nilai magnesium harian anda.


Membantu menghidrasi tubuh


Bagi anda yang kerap kali mengalami masalah kekurangan cairan ketika puasa. Hal ini biasanya akan berdampak pada berbagai masalah seperti cepat merasa haus, sariawan, sampai bibir pecah-pecah. Nah di sinilah bayam memiliki manfaat untuk mengatasi masalah ini.

Menurut penelitian terkait kandungan zat gizi daun bayam, di dalam 100 gram bayam terkandung mineral (kalium) sebesar 558 miligram. Mineral ini bisa menghidrasi tubuh sehingga dapat membantu melengkapi kurang cairan tubuh selama puasa.


Menjaga kesehatan kulit


Kulit yang terjaga ketika puasa menjadi dambaan setiap orang, nah di sini bayam memiliki peranan penting karena bayam mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit. Tidak hanya mengandung antioksidan saja tetapi bayam juga mengandung vitamin C, serta E.

Fungsi dari vitamin E sendiri sebagai pelindung kulit terhadap kerusakan UV. Sedangkan fungsi vitamin C, membantu kolagen bekerja serta menjaga kulit agar tampak lebih awet muda.


Menyehatkan otak


Selama anda berpuasa seringkali konsentrasi hilang karena kurangnya suplai nutrisi keotak. Hal ini bisa anda cegah dengan mengkonsumsi bayam. Ini terkait dengan kandungan mineral pada bayam seperti vitamin A, vitamin B6, asam folat, vitamin C, serta antioksidannya dapat membantu mencegah gangguan fungsi kognitif otak serta neuronal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel