4 cara menjaga kesehatan tubuh ketika menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi covid 19

4 cara menjaga kesehatan tubuh ketika menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi covid 19

Bulan ramadan tahun ini memang sangat berbeda di bandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya di rasakan pada umat muslim di indonesia saja, tetapi juga seluruh dunia. Pasalnya, umat muslim harus menjalani ibadah puasa di tengah wabah covid 19.

Kesehatan fisik dan kekebalan tubuh ketika menjalankan ibadah puasa harus benar-benar di jaga. Tubuh anda pastinya akan membutuhkan nutrisi yang seimbang dan cairan yang cukup agar stamina serta imun tetap terjaga.

Bagaimana cara menjaga kesehatan ketika menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi covid 19, simak ulasannya berikut ini:


Perbanyak mengkonsumsi air putih


Ketika waktu sahur dan buka puasa telah tiba, perbanyaklah mengkonsumsi air putih. Kehadiran cairan membantu menggantikan cairan yang telah hilang selama melaksakan ibadan puasa.
Tidak hanya itu, cobalah untuk menghindari mengkonsumsi minuman berkafein seperti teh serta kopi. Di karenakan, kafein bisa memicu intensitas buang air kecil menjadi sangat sering, hal ini akan membuat anda mudah dehidrasi.


Konsumsilah makanan yang banyak mengandung nutrisi, vitamin serta mineral


Tidak hanya berasal dari minuman, mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan air juga dapat membantu anda dalam menjaga kebugaran tubuh, seperti salad sayuran serta sup.

Pastikan juga makanan yang anda konsumsi memiliki kandungan nutrisi, vitamin dan mineral. Di antara makanan tersebut yaitu ikan, daging, buah, susu dan sayur.


Berbukalah dengan kurma serta cobalah untuk menghindari gorengan


Ketika waktu berbuka tiba, anda di sarankan untuk mengkonsumsi 3 buah kurma. Karena kurma salah satu sumber serat yang sangat baik bagi tubuh. Ada baiknya jika anda menghindari menyantap gorengan ketika berbuka.


Berolah raga


Tidak ada larangan untuk berolah raga ketika sedang melaksanakan ibadah puasa. Cobalah untuk melakukan aktivitas ringan contoh seperti jogging ringan atau berjalan kaki. Dengan memperbanyak gerakan, tubuh serta fikiran juga akan menjadi lebih sehat dan fit tentunya.

Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan serta imunitas tubuh selama mejalani ibadah puasa di tengan pandemi covid 19.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel