Tujuh manfaat berpuasa untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui

Tujuh manfaat berpuasa untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui

Ilustrasi gambar


Masarief.com - Saat bulan ramadan tiba, umat muslim di dunia di wajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Tidak hanya menahan diri dari makan dan minum sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari, umat muslim juga di tuntut menahan diri dari segala bentuk yang dapat membatalkan puasa.

Bulan ramadan menjadi salah satu momen yang mana umat muslim seluruh dunia tengah berlomba-lomba dalam mendapatkan pahala. Terlepas dari menjalankan kewajiban agama serta mendapatkan pahala, ternyata puasa mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lho.

Berikut tujuh manfaat berpuasa untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui:



Meningkatkan fungsi otak


Menurut ahli berpendapat bahwa berpuasa dapat merangsang pelepasan BDNF (Braind Derived Neurothropic Factor) di otak. BDNF berfungsi untuk membantu tubuh dalam meningkatkan fungsi otak serta memproduksi lebih banyak sel-sel otak. Tidak hanya itu, BDNF juga dapat melindungi sel-sel otak dan mengurangi depresi sekaligus risiko terkena pikun atau demensia.


Membuang racun dalam tubuh


Ketika berpuasa, tidak ada makanan yang di konsumsi hampir sehari penuh. Hal ini dapat memberikan kesempatan bagi sistem pencernaan untuk beristirahat, sehingga tubuh dapat lebih fokus pada pembuangan racun di dalam tubuh. Ketika proses pembakaran menjadi energi, tubuh juga akan membakar racun berbahaya yang terdapat pada lemak yang tersisa.


Meningkatkan kesehatan mental


Tidak hanya memberikan manfaat secara fisik, berpuasa juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Sebuah studi mengungkapkan bahwa ketika berpuasa tubuh dapat memproduksi banyak endorphin adalah hormon yang membuat bahagia. Hal inilah yang dapat meningkatkan mood, meningkatkan rasa bahagia, mencegah depresi serta gangguan kecemasan.

Efek tersebut biasanya akan di rasakan setelah 3 sampai 4 hari. Hal inilah yang di sebabkan karena tubuh harus beradaptasi terlebih dahulu ketika berpuasa.


Turunkan gula darah


Puasa dapat menurunkan gula darah dalam tubuh secara signifikan, yaitu lebih dari 30 persen, hal ini bisa terjadi beberapa hari pertama ketika berpuasa. Di anjurkan juga untuk tetap menjaga kadar gula darah agar tetap stabil karena kelebihan atau kekurangan kadar gula dalam tubuh sama-sama tidak baik.


Membantu menurunkan berat badan


Ketika berpuasa, tubuh akan membakar lemak berlebih di sekitar organ seperti halnya ginjal maupun hati. Hal inilah yang dapat membantu pencegahan fungsi organ terganggu. Selain itu, pembakaran lemak menjadi energi ketika berpuasa juga dapat menurunkan berat badan.

Para ahli menyebutkan bahwa apabila berpuasa dengan benar serta teratur, maka akan memberikan manfaat jangka panjang bagi tubuh, yaitu membantu meningkatkan sistem pencernaan serta metabolisme secara keseluruhan.


Menurunkan risiko penyakit jantung


Sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang berpuasa selama sebulan sekali mempunyai risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung dari pada yang tidak berpuasa. Tidak hanya itu, berpuasa juga dapat mencegah hal-hal yang mengakibatkan penyakit jantung, seperti mencegah diabetes serta menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.


Awet muda


Menjadi awet muda adalah dambaan setiap orang, hal ini bisa di dapatkan dengan cara berpuasa. Dengan berpuasa tubuh akan menghentikan sementara atau mengurangi proses metabolisme dalam tubuh, khususnya saluran pencernaan. Penghentian metabolisme inilah yang dapat menghambat penuaan dini.

Tidak hanya itu, berpuasa juga dapat membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh secara signifikan sekaligus menigkatkan antioksidan yang juga dapat membuat anda awet muda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel