Cara mengobati sariawan secara alami, salah satunya dengan madu

Cara mengobati sariawan secara alami, salah satunya dengan madu


Masarief.com - Sariawan bisa terjadi kepada siapa saja, tidak memandang usia maupun jenis kelamin. Penyebabnya sangatlah beragam, mulai dari kekurangan mineral, vitamin atau infeksi, perubahan hormon, alergi, hingga tidak sengaja menggigit lidah atau bagian dalam pipi.

Cara mengobati sariawan secara alami, simak beberapa penjelasannya berikut ini.

Sariawan yang tergolong ringan umumnya tidak memerlukan pengobatan secara khusus, karena bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih 1-2 minggu. Anda bisa menggunakan obat untuk mengurangi gejala serta nyeri yang ditimbulkan akibat sariawan. Jika anda tidak sabar berlama-lama menahan sariawan yang anda derita, ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengobati sariawan secara alami.

Cara mengobati sariawan secara alami


Untuk meredakan nyeri serta mempercepat penyembuhan sariawan, ada beberapa bahan alami yang bisa anda aplikasikan, yaitu:


Daun saga dan akar manis


Daun saga dan akar manis dinilai berkhasiat untuk mengobati sariawan. Tanaman ini sering digunakan sebagai obat herbal dikarenakan memiliki efek antiradang, antibakteri dan antioksidan. Efek tersebut membuat daun saga dapat mempercepat penyembuhan luka yang dibakibatkan oleh sariawan.


Daun sirih


Daun sirih bisa anda konsumsi dengan cara dikunyah. Tanaman yang sangat umum digunakan untuk pengobatan tradisional ini memiliki sejumlah khasiat, diantaranya yaitu: sebagai antiradang, antibakteri dan antioksidan. Sebab itulah mengapa daun sirih dapat digunakan sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan gigi serta mulut.


Madu


Menurut sebuah studi, madu sangat efektif dalam mencegah infeksi serta membantu penyembuhan pada luka, termasuk luka yang diakibatkan oleh sariawan. Untuk menyembuhkan sariawan, anda bisa mencoba mengoleskan madu sebanyak kurang lebih 4 kali sehari. Direkomendasikan untuk memilih madu yang tidak dipanaskan dengan menggunakan suhu yang tinggi (pasteurisasi).




Minyak kelapa


Tidak hanya madu, anda juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk mengobati sariawan. Minyak kelapa dinilai bisa menyembuhkan dan mencegah penyebaran sariawan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Selain itu juga dapat membantu mengurangi kemerahan serta rasa nyeri yang diakibatkan oleh sariawan.


Es batu


Rasa nyeri yang diakibatkan oleh sariawan dapat membuat anda susah untuk makan dan minum. Jangan khawatir, agar anda bisa mengunyah makanan atau minum air lebih nyaman, anda bisa mengemut es batu pada bagian yang sedang sariawan agar rasa nyeri yang ditimbulkan oleh sariawan berkurang untuk sementara waktu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel