Cara menghilangkan ketombe secara alami yang ampuh serta cepat



Masarief.com - Ketombe merupakan suatu masalah pada kulit kepala yang sering dialami oleh banyak orang. Ketombe bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya kebersihan atau terlalu sering berganti-ganti produk sampo.

Terkadang ketombe bisa sangat membandel serta gatal dikepala. Hal ini tentu saja akan membuat kita merasa tidak nyaman. Gunakanlah beberapa cara menghilangkan ketombe yang ampuh serta cepat menggunakan bahan-bahan alami.

Berikut ini cara-cara yang bisa anda coba secara teratur untuk menghilangkan ketombe:


Minyak tea tree


Cara menghilangkan ketombe yang membandel anda bisa menggunakan bahan yang alami yaitu dengan tea tree. Minyak esensial dinilai mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya mengatasi permasalahan pada kulit, minyak tea tree juga dapat dimanfaat untuk menghilangkan ketombe.

Ternyata minyak tea tree mengandung senyawa yang disebut terpinen 4-ol. Senyawa ini memiliki sifat antimicroba yang kuat. Penggunaan terpinen 4-ol harus dengan konsentrasi yang tinggi agar dapat membantu menekan pertumbuhan jamur serta bakteri dikulit kepala.

Menghilangkan ketombe dengan cara menggunakan tea tree cukup mudah, yaitu dengan mencampur beberapa minyak esensial tea tree dengan sampo yang akan anda gunakan. Jangan sampai mengoleskan minyak tea tree secara langsung pada kulit kepala karena dapat menyebabkan iritasi serta peradangan.


Minyak serai


Dari dulu minyak serai sudah digunakan sebagai bahan pengobatan, seperti untuk darah rendah serta menghilangkan stres. Minyak serai memiliki kandungan anti bakteri serta anti peradangan sehingga sangat cocok untuk dijadikan solusi cara menghilangkan ketombe dengan alami.

Campurkan beberapa tetes minyak serai pada air atau sampo yang akan anda pakai. Sama halnya dengan minyak tea tree, penggunaan minyak serai secara langsung pada kulit kepala dapat mengakibatkan iritasi serta alergi. Menggunakan minyak serai dapat mengurangi ketombe sekitar 81 persen dalam kurun waktu 2 minggu.


Lidah buaya


Gel lidah buaya terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya yaitu untuk menghilangkan ketombe. Gel lidah buaya terkenal akan kemampuannya dalam menyembuhkan.

Kandungan asam amino serta antioksidan dalam gel lidah buaya dapat mengurangi ketombe. Tidak hanya itu, gel lidah buaya memiliki kandungan anti jamur serta dapat menyembuhkan peradangan.

Sangat cocok untuk dijadikan solusi untuk menghilangkan ketombe dengan bahan alami. Menghilangkan ketombe dengan menggunakan gel lidah buaya tergolong aman karena bisa langsung dioleskan pada kulit kepala tanpa harus mengakibatkan peradangan serta iritasi.

Cuka


Cuka dikenal dapat membantu merawat kulit yang gatal serta kering dan dapat membantu membunuh jamur. Penggunaan cuka untuk menghilangkan ketombe dinilai cukup ampuh untuk membunuh bakteri penyebab ketombe.

Kandungam asam yang dimiliki cuka sangat bermanfaat untuk mengurangi pengelupasan secara drastis. Anda dapat mencampurkan air serta cuka dengan kadar yang sama yaitu 1:1. Caranya oleskan pada kulit kepala kemudian diamkan sekitar 30 menit berikutnya bilas hingga bersih.


Baking soda


Baking soda bertindak sebagai scrub yang dapat mengeksfoliasi kulit yang mati yang terdapat dikulit kepala tanpa harus menyebabkan iritasi. Eksfoliasi adalah cara untuk membuat ketombe semakin tersamarkan dan menghilang.

Tidak hanya itu, baking soda juga mengandung anti jamur, dapat melembutkan serta mengurangi kemerahan pada kulit kepala.


Bawang putih


Bau dari bawang putih mungkin akan sedikit mengganggu, akan tetapi menggunakan bawang putih untuk menghilangkan ketombe cukup ampuh dan efektif. Bawang putih memiliki kandungan anti jamur yang dapat membunuh bakteri penyebab ketombe.

Cara menggunakan bawang putih untuk menghilangkan ketombe yaitu anda cukup mengambil beberapa siung bawang putih kemudian campurkan dengan air lalu oleskan pada kulit kepala. Anda juga bisa mencampurkannya dengan sedikit madu atau jahe.


Garam


Garam bertindak sebagai eksfoliasi yang berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Menggunakan garam untuk menghilangkan ketombe dinilai cukup ampuh jika anda mengaplikasikannya secara rutin.

Untuk menghilangkan ketombe menggunakan garam caranya cukup mudah, anda hanya memerlukan garam dan sampo saja. Pertama anda cukup dengan memijat kulit kepala menggunakan beberapa sendok garam untuk menghilangkan ketombe. Berikutnya aplikasikan sampo kemudian cuci kulit kepala anda hingga bersih.


Lemon


Lemon kaya akan antioksidan, asam citric serta vitamin esensial. Tidak hanya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, lemon juga dinilai bisa menjadi solusi untuk menghilangkan ketombe. Lemon dapat mengurangi minyak dalam kulit kepala serta memperkuat akar rambut. Ternyata lemon  juga bisa dijadikan solusi bagi pemilik rambut rontok.


Baby oil


Melembabkan kulit kepala dapat terhindar dari kekeringan serta masalah ketombe. Pengaplikasian baby oil untuk menghilangkan ketombe, dengan cara anda mengoleskannya secara langsung pada kulit kepala sampai akar rambut. Setelah itu, diamkan beberapa menit kemudian bilas hingga bersih.


Daun sirsak


Kandungan acetogenin yang dimiliki oleh daun sirsak ternyata banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya yaitu untuk mengatasi ketombe yang membandel serta gatal.

Acetogenin sendiri merupakan kumpulan senyawa aktif yang dapat membunuh racun didalam tubuh. Anda bisa menumbuk daun sirsak sampai halus kemudian tambahkan sedikit air, gunakan campuran tersebut sebagai masker rambut. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel