Cara mengatasi kulit wajah berminyak secara alami dan ampuh

Cara mengatasi kulit wajah berminyak secara alami dan ampuh


Masarief.com - Memiliki kulit wajah yang sehat, bersih dan cerah adalah dambaan setiap orang baik pria ataupun wanita. Banyak sekali cara yang dilakukan agar wajah menjadi terlihat lebih sempurna. Tetapi tidak jarang masalah pada wajah membuat kita kesal.

Bukan hanya soal jerawat atau komedo, kondisi kulit pada wajah juga patut menjadi perhatian bagi kita. Kerena untuk mendapatkan perawatan kulit secara maksimal, kita harus mengenali tipe kulit wajah serta menyesuaikannya dengan kondisi kulit.

Kulit yang terlalu kering membuat wajah terlihat tampak tidak sehat dan cenderung memberikan efek keriput serta kelelahan. Kulit yang memproduksi minyak berlebih atau berminyak juga membuat makeup kita tidak bisa tahan lama.

Wajah pun terlihat lebih kusam, kulit yang berminyak memang menjadi masalah yang harus diperhatikan. Bila tidak diatasi segera dengan tepat maka bukan kulit wajah yang sempurna yang didapatkan, tetapi malahan sebaliknya.

Jika minyak yang berlebih bercampur dengan kotoran atau polusi udara kemudian tidak kita bersihkan, maka akan menjadi sebab timbulnya jerawat pada wajah. Akan tetapi tidak perlu kawatir bagi anda yang memiliki kulit wajah yang berminyak.

Ternyata kulit yang berminyak dapat diatasi dengan cara yang alami, serta mudah dan bisa dilakukan dirumah. Berikut beberapa tips yang bisa anda coba, cara mengatasi kulit wajah berminyak secara alami dan ampuh:


Membersihkan wajah secara rutin


Banyak dari kita yang kesehariannya setelah beraktivitas malas untuk membersihkan wajah. Ternyata hal inilah yang memicu produksi minyak pada wajah menjadi berlebih. Oleh sebab itu rajinlah mencuci wajah setidaknya 2 kali dalam sehari. Sebelum beraktivitas (bangun tidur) dan setelah beraktivitas (sebelum tidur).


Membersihkan wajah dengan air hangat


Air hangat diketahui dapat membuka pori-pori kulit sehingga minyak yang berlebih akan keluar dengan sempurna dan dapat kita bersihkan secara maksimal. Air hangat dinilai mampu membunuh bakteri dan kuman pada kulit wajah.


Rajin menghapus makeup


Setelah anda seharian beraktivitas, wajah perlu dibersihkan apalagi setelah menggunakan riasan wajah. Bahan kimia yang terlalu lama menempel pada permukaan wajah anda akan berefek buruk. Oleh karena itu perlu anda bersihkan setelah menggunakannya.


Lidah buaya


Didalam lidah buaya terdapat kandungan zat aloesin yaitu zat yang menghambat pembentukan melanin, zat yang membuat wajah menjadi tampak lebih gelap. Vitamin yang banyak terdapat pada lidah buaya seperti vitamin A, C dan E yang merupakan antioksidan yang berfungsi menangkal serangan radikal bebas penyebab paparan asap serta polusi udara pada wajah.

Dengan cara mengoleskan gel lidah buaya pada wajah secara merata seperti masker, kemudian diamkan selama 10-15 menit lalu bilas hingga bersih. Lakukan cara ini setiap hari secara rutin, namun hindari ketika terlalu lama memakainya pada wajah.


Apricot


Apricot bisa anda gunakan sebagai masker untuk jenis kulit yang berminyak serta berjerawat. Kandungan vitamin A, C serta K dapat menangkal radikal bebas. Tidak hanya itu, kandungan lycopene dengan kadar tinggi yang merupakan antioksidan juga dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit.


Pepaya


Kandungan enzim papain didalam buah pepaya dapat memecah protein menjadi arginine yang memiliki peranan penting dalam meningkatkan kesehatan otot serta mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh. Caranya sangat mudah, ambil potongan buah pepaya kemudian usapkan kewajah secara merata seperti masker.


Lemon


Kaya akan kandungan vitamin C, membuat lemon mampu mangatasi minyak berlebih. Vitamin C dinilai mampu membersihkan minyak serta menghilangkan bintik merah pada kulit.

Vitamin C juga dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Cukup anda peras 1 buah lemon, ambil airnya kemudian oleskan pada wajah secara merata. Tuggu 10-15 menit sampai wajah terasa lebih kering kemudian bilas dengan air hingga bersih.


Pisang


Buah pisang mengandung potasium yang tinggi, apabila dikonsumsi secara rutin dapat mengontrol pelepasan cairan dalam sel serta keseimbangan natrium sehingga baik untuk mengatasi produksi minyak berlebih pada wajah.

Caranya cukup anda hancurkan pisang hingga berbentuk seperti pasta kemudian oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Pilihlah pisang yang sudah matang yaitu berwarna kuning serta terdapat bintik hitam. Setelah wajah terasa lebih kering dan masker terserap dengan baik, bilas wajah menggunakan air yang bersih.


Jeruk nipis


Sama seperti lemon, jeruk nipis juga kaya akan kandungan antioksidan serta vitamin C. Kandungan tersebut dapat membantu kulit agar terhindar dari jerawat serta mengatasi minyak berlebih.

Jeruk nipis juga dinilai ampuh mencerahkan kulit pada wajah. Caranya cukup ambil perasan air jeruk nipis kemudian oleskan pada wajah secara merata. Tunggu selama 10-15 menit hingga wajah terasa kering kemudian bilas dengan air.


Putih telur


Putih telur memiliki kandungan alami untuk menyerap serta mengurangi minyak berlebih. Putih telur juga dapat membantu masker jeruk nipis agar memberikan hasil lebih maksimal. Jadikan putih telur sebagai campuran masker jeruk nipis kemudian oleskan secara tipis kearea wajah secara merata kemudian bilas menggunakan air dingin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel