8 Obat alami yang ampuh mengatasi radang tenggorokan

8 Obat alami yang ampuh mengatasi radang tenggorokan


Masarief.com - Tenggorokan sakit, gatal serta serasa ada yang mengganjal, hal ini biasanya merupakan tanda munculnya radang tenggorokan. Walaupun bukan penyakit yang terlalu serius, kondisi seperti ini bisa mengganggu aktivitas anda sehari-hari.

Jika sang buah hati yang mengalaminya, bisa jadi buah hati anda akan rewel dalam kesehariannya. Anda tidak usah cemas, ada banyak sekali obat alami yang bisa anda gunakan untuk mengobati radang tenggorokan yang bisa anda racik sendiri di rumah.

Obat alami untuk radang tenggorokan


Berikut adalah beberapa obat-obatan alami yang telah saya rangkum untuk mengatasi radang tenggorokan:

Madu


Jika ada keluarga anda sedang terkena radang tenggorokan, cobalah untuk mengkonsumsi madu secara rutin. Madu sangat terbukti sebagai salah saru obat alami yang mujarab untuk mengatasi radang tenggorokan.

Menurut sebuah studi membuktikan hal tersebut. Studi ini menyatakan bahwa mengkonsumsi madu secara rutin dapat mengatasi radang tenggorokan lebih cepat.

Para ahli juga menyimpulkan bahwa madu sangat ampuh menurunkan kadar produksi lendir pada tenggorokan serta memiliki sifat antibakteri yang bisa membasmi kuman penyebab radang.

Rasa manis pada madu sudah pasti di sukai oleh si kecil. Madu tergolong obat alami yang aman untuk mengobati radang tenggorokan. Akan tetapi, sebaiknya anda memberikan madu pada anak yang berusia lebih dari 1 tahun.

Supaya radang tenggorokan segera hilang, sebaiknya anda minum 2 sendok madu serta segelas air hangat sebelum tidur.


Air garam


Air garam juga bisa anda gunakan sebagai obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan, di karenakan bisa mengurangi pembengkakan pada dinding tenggorokan anda.

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu melarutkan 1 sendok teh garam dengan air hangat. Berikutnya anda gunakan air garam tersebut untuk kumur-kumur sambil menengadahkan kepala anda sedikit.

Lakukan cara ini setidaknya sekali dalam sehari, supaya radang tenggorokan yang anda alami cepat membaik dan sembuh.


Ramuan kayu manis


Aroma khas kayu manis yang harum tidak hanya bisa membuat tubuh menjadi rileks, tetapi juga berguna untuk mengatasi radang tenggorokan.

Kayu manis memiliki kandungan zat antioksidan serta antibakteri yang cukup tinggi. Zat inilah yang dapat meredakan gejala radang serta membunuh bakteri yang ada di dalam tenggorokan anda.

Anda bisa menggunakan beberapa potong kayu manis kedalam air hangat atau teh yang hangat.


Air lemon


Jika anda ingin rasa yang lebih segar, anda bisa menggunakan lemon sebagai obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan.

Perasan air lemon kaya akan kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Vitamin C juga dapat meningkatkan sistem imun, sehingga tubuh anda mampu melawan bakteri dengan mudah.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan vitamin C yang tinggi ini bisa melindungi tubuh dari berbagai serangan infeksi, seperti batuk serta flu.

Caranya mudah, cukup anda peras 1 buah lemon ukuran sedang. Kemudian anda campurkan air perasan tersebut dengan air mineral.  Jika anda ingin lebih nikmat, anda bisa menggunakan 1 sendok madu. Selain rasanya yang nikmat, kombinasi lemon dan madu dapat mempercepat pemulihan tubuh anda.


Minyak kelapa


Minyak kelapa memiliki banyak khasiat, salah satunya dapat mengatasi radang tenggorokan. Beberapa penelitian menunjukkan, minyak kelapa di nilai mampu mengatasi radang tenggorokan serta melawan infeksi.

Minyak kelapa dapat mengencerkan lendir pada saluran tenggorokan, sehingga nafas menjadi lebih lega. Anda bisa mencoba menambahkan minyak kelapa kedalam beragam masakan, semisal dalam sup hangat.

Anda juga bisa meminum secara langsung minyak kelapa sebanyak 1-2 sendok makan. Walaupun terbilang banyak khasiat yang terdapat pada minyak kelapa, ada baiknya jika anda tidak terlalu banyak mengkonsumsinya.

Cukup anda batasi sebanyak 2 sendok makan perhari, atau setara dengan 30 mililiter.


Teh


Ada beragam pilihan teh yang bisa anda coba. Akan tetapi, teh yang cocok sebagai obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan adalah teh hijau atau teh chamomile.

Bunga chamomile memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Hal inilah yang membuat teh chamomile dapat membantu mengurangi radang pada tenggorokan, pembengkakan, serta rasa gatal di tenggorokan.
Tidak jauh beda dengan teh chamomile yang memiliki antioksidan yang tinggi, teh hijau juga bersifat anti radang.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa membiasakan berkumur menggunakan teh hijau dapat mempercepat penyembuhan pada pasien radang tenggorokan.


Kunyit


Kunyit yang biasanya di gunakan untuk memperkuat rasa serta aroma pada masakan, bisa anda gunakan sebagai obat alami untuk mengobati radang tenggorokan.

Caranya larutkan setengah sendok teh bubuk kunyit kedalam air hangat, kemudian larutan tersebut anda gunakan untuk berkumur.

Upayakan sampai menyentuh dinding tenggorokan, anda cukup menengadahkan sedikit kepala. Berkumurlah selama 1 menit lalu keluarkan larutan tersebut. Lakukan hal ini secara rutin sampai kondisi anda membaik.


Air jahe


Jahe lebih di kenal khasiat sebagai penghangat tubuh. Kenyataannya tidak sampai di situ saja khasiat rimpang yang satu ini.

Sebuah penelitian menjabarkan, ekstrak jahe mampu membunuh bakteri-bakteri pada saluran pernapasan. Hal ini di karenakan jahe memiliki sifat antibakteri.

Jahe juga dapat mengurangi kemerahan serta peradangan di area tenggorokan. Bagi anda yang sedang mengalami radang tenggorokan, anda bisa mengkonsumsi teh jahe, wedang jahe atau minuman lain yang ditambahkan ekstrak jahe.

Itulah beberapa ulasan tentang cara mengobati radang tenggorokan menggunakan bahan alami yang bisa anda temukan di rumah. Jika radang tenggorokan anda tidak kunjung membaik atau sembuh, bersegeralah untuk menghubungi dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel