6 Menu buka puasa yang paling populer ketika ramadan tiba

6 Menu buka puasa yang paling populer ketika ramadan tiba
Ilustrasi gambar


Masarief.com - Apa yang membuat anda paling berkesan ketika bulan ramadan? Mungkin di antaranya yang membuat momen ramadan anda menjadi istimewa adalah bermacam-macam menu buka puasa yang sangat populer khas indonesia. Bulan ramadan pasti memberikan kesan tersendiri bagi kebanyakan orang.

Tentunya, puasa lancar selama sebulan penuh menjadi keinginan bagi yang sedang menjalankannya. Nah, bagi anda yang menjalankan ibadah puasa ramadan, pasti sudah sering merasakan beberapa tradisi yang hanya muncul ketika bulan puasa tiba.

Mulai dari acara buka puasa bersama, sampai tradisi mencari menu buka puasa istimewa khas selama ramadan. Hal ini pasti sering menghiasi bulan ramadan anda.

Menu buka puasa paling populer saat ramadan


Di indonesia memang punya banyak menu buka puasa yang poluler ketika ramadan yang sangat khas dan menggugah selera. Hampir di seluruh penjuru nusantara pasti anda akan menemukan menu-menu lezat yang membuat anda tidak sabar untuk segera menikmatinya begitu suara azan di kumandangkan.

Berikut adalah beberapa menu makanan khas buka puasa saat ramadan, apakah menu favotir anda ada yang termasuk di antaranya?


Kolak


Berbukalah dengan yang manis. Selain sirup, kolak adalah salah satu jenis kuliner yang sering anda jumpai ketika ramadan tiba bukan! Kolak bahkan bisa menjadi salah satu kuliner buka puasa yang sering anda sebut ketika mendengar kata ramadan.

Di negara kita minuman yang bersantan ini memiliki banyak variasi isi. Tetapi ada satu yang pasti, hampir di seluruh indonesia, buah pisang menjadi salah satu andalan untuk menciptakan cita rasa kolak yang nikmat.

Tidak hanya pisang saja, anda bisa menggunakan variasi isian kolak yang lainnya. Seperti singkong dan nangka, pasti sangat nikmat sekali!


Es pisang ijo


Di hari biasa selain bulan puasa, menu es yang satu ini lumayan sangat mudah untuk anda temukan. Ketika bulan ramadan tiba, menu es pisang ijo ini jumlahnya semakin banyak. Es pisang ijo adalah salah satu kuliner buka puasa dari makassar yang menjadi menu khas ketika ramadan di berbagai daerah di indonesia.

Anda bisa membayangkan kesegaran yang di hadirkan oleh es pisang ijo ini. Pasti anda tertarik bukan, lembutnya pisang yang di lapisi kulit tepung yang berwarna hijau. Pastinya akan membuat anda ingin mencicipinya.

Apakah anda tertarik untuk menjadikan es pisang ijo sebagai menu buka puasa anda?


Es buah


Hampir di setiap tempat ketika bulan puasa pasti anda akan menemukan es buah. Es buah selalu hadir menjadi menu populer favorit anda ketika ramadan tiba.

Dengan paduan beragam jenis buah yang terdapat di dalamnya, es buah ini bisa mengembalikan kesegaran anda. Dengan siraman sirup serta susu kental manis, pasti sangat nikmat dan lezat. Menu buka puasa yang satu ini bakal menggugah selara anda.


Cendol


Siapa yang tidak kenal dengan menu yang satu ini? Satu gelas es cendol yang berisikan tepung beras yang telah diolah, gula merah cair, santan dan juga parutan es pasti sangat segar sekali untuk menghilangkan dahaga setelah seharian menahan lapar dan haus.

Cendol adalah nama populer di daerah jawa barat. Sedangkan di daerah jawa tengah, menu yang satu ini di beri nama dawet. Anda pasti tidak akan kesulitan untuk menemukan menu ini ketika bulan puasa.


Es teler


Hampir mirip dengan es buah, es teler memilki ciri penggunaan buah alpukat sebagai campuran di dalamnya. Tidak hanya itu, di dalam es teler anda juga akan menemukan kelapa muda, nangka serta pemanis seperti sirup atau menggunakan gula cair.

Es teler juga punya banyak variasi di beberapa daerah di indonesia. Seperti di jawa barat, es teler ini di kenal dengan sebutan es doger. Yang terkadang isiannya di berikan tambahan isian seperti tape, ketan hitam serta beberapa campuran buah lainnya.


Es kelapa muda


Bisa di bilang es kelapa muda adalah menu yang sangat sederhana tapi bisa mengobati dahaga yang anda rasakan ketika seharian anda berpuasa. Menu yang satu ini terbuat dari air serta daging kelapa muda, kadang di tambahkan beberapa bahan yang lain seperti sirup atau gula cair.

Selain sebagai penghilang dahaga, nyatanya es kelapa muda memiliki banyak manfaat. Di antaranya adalah untuk menggantikan cairan tubuh, membersihkan racun di dalam tubuh, sampai menyehatkan kulit. Bagaimana? Ajaib bukan!

Apa menu buka puasa anda hari ini?

Nah jika anda suka, yang mana menu favorit anda untuk menu buka puasa? Pastinya jangan terlalu banyak untuk mengkonsumsinya, makan dan minumlah secukupnya saja.

Masarief.com mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa untuk anda semua yang menjalankannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel