5 tips menjaga kesehatan mata

5 tips menjaga kesehatan mata

Masarief.com - Mata merupakan kaca jendala hati, begitu yang sering diucapkan oleh kebanyakan orang. Menjaga mata agar tetap sehat merupakan hal yang sangat penting. Menjaga kesehatan mata dapat membantu kita untuk menghindari dari risiko terjadinya gangguan mata.

Berikut 5 tips menjaga kesehatan mata yang dapat anda lakukan dalam keseharian:


Konsumsi makanan yang tepat


Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan mata. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin A,C dan E.

Contohnya seperti wortel, bayam, tomat dan lainnya. Zinc, lutein, selenium serta asam lemak omega 3 juga dinilai baik untuk kesehatan mata. Kandungan ini bisa kita temui pada telur.



Hindari rokok


Selain buruk untuk kesehatan paru-paru, ternyata merokok dapat mengakibatkan risiko gangguan pada mata seperti katarak, degenerasi makula serta kerusakan saraf pada retina.


Gunakan kaca mata hitam


Mata yang terlalu sering terpapar sinar matahari dapat mengalami risiko katarak lebih awal. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata saat akan pergi keluar ruangan ialah menggunakan sunglasses yang mempunyai proteksi terhadap sinar UV (Ultraviolet).


Jangan terlalu lama menatap gadget


Terlalu lama menatap gadget atau perangkat komputer atau yang lainnya, dapat membuat mata anda tidak nyaman. Hal ini dapat menimbulkan dampak negatif seperti mata lelah, nyeri pada leher serta pandangan mata menjadi kabur.


Lakukan pemeriksaan mata secara rutin


Lakukan pemeriksaan mata anda secara rutin kedokter spesialis mata, setidaknya setahun sekali. Deteksi secara dini adalah salah satu solusi untuk menjaga kesehatan mata anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel