Manfaat buah zaitun

Manfaat buah zaitun

Masarief.com - Telah lama buah zaitun dikenal memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah zaitun umumnya sering diolah menjadi minyak, selain itu minyaknya digunakan untuk perawatan kulit bisa juga untuk menurtrisi rambut.

Tidak hanya minyaknya saja yang bermanfaat, bermacam olahan makanan yang menggunakan buah zaitun juga mengandung manfaat untuk kesehatan. Contohnya: mendukung kepadatan tulang, mengontrol kolesterol jahat, mencegah risiko kanker serta meningkatkan kesehatan jantung.

Kandungan buah zaitun sebanyak 100 gram terdapat sekitar 120 kalori serta 10 gram lemak. Walaupun kandungan lemaknya tinggi, sebagian lemak pada buah zaitun merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Buah zaitun ternyata juga diperkaya nutrisi penting lainnya: zat besi, natrium, kalium dan juga vitamin E.
Beragam nutrisi yang terkandung didalam buah zaitun sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh berikut ulasannya:


1. Menyehatkan kulit


Kandungan vitamin E pada buah zaitun disinyalir mampu menyehatkan kulit, mata serta daya tahan tubuh. Tidak hanya itu vitamin E juga disinyalir mampu mencegah penyakit yang berbahaya contoh: alzheimer, katarak, kanker bahkan penyakit jantung.


2. Menjaga hidrasi tubuh


Natrium yang terkandung dalam buah zaitun mampu membantu tubuh tetap terhidrasi. Natrium juga dapat menjaga tekanan darah normal. Walaupun begitu, mengkonsumsi terlalu banyak natrium juga dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.


3. Memperkuat tulang


Kalsium yang terkandung pada buah zaitun cukup tinggi, wajar saja bila mengkonsumsi buah zaitun dipercaya mampu membantu memperkuat serta menjaga kepadatan tulang.


4. Membantu pembentukan sel darah merah


Zat besi yang terdapat pada buah zaitun juga disinyalir dapat membantu tubuh dalam membentuk hemoglobin, daya konsentrasi, kekuatan otot serta meningkatkan kekebalan tubuh.


5. Mencegah penyakit kanker


Manfaat berikutnya dari buah zaitun yaitu kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi sebanyak 11-15 persen. Asam oleat adalah asam tak jenuh tunggal yang paling melimpah. Zat inilah yang dapat mengurangi pembengkakan, melawan kanker, hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

0 komentar

Posting Komentar