Manfaat buah tin untuk kesehatan serta kecantikan

Manfaat buah tin untuk kesehatan serta kecantikan

Masarief.com - Jika anda ingin menambah asupan antioksidan sehari-hari, buah tin atau juga disebut dengan nama ara serta fig adalah jawabannya. Buah yang disebutkan didalam Alquran ini ternyata memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik sekali.

Menurut penelitian antioksidan yang terkandung pada buah tin sangat ampuh untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Buah tin juga termasuk sumber vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalium, mangan, seng, magnesium, zat besi serta tembaga yang sangat baik.

Apa sajakah manfaat buah tin atau ara untuk kesehatan serta kecantikan? Berikut ulasannya:


Daunnya yang berfungsi melawan diabetes


Beberapa bukti penelitian menunjukkan bahwa daun semak tin dapat membantu serta mengatur gejala diabetes. Sebuah studi yang dilakukan pada seekor tikus menunjukkan bahwa ficusin, ekstrak dari daun pohon tin dapat meningkatkan sensitivitas insulin serta memiliki sifat antidiabetes lainnya.

Dan penelitian yang dilakukan kepada hewan tersebut menunjukkan bahwa buah tin dapat berkontribusi pada perawatan diabetes dengan cara menormalkan asam lemak darah serta tingkat vitamin E.


Mengobati penyakit kulit


Dalam tradisi pengobatan tradisional, buah tin digunakan untuk mengobati berbagai masalah penyakit kulit seperti vitiligo, psoriasis serta eksim. Saat ini masih belom ada penelitian ilmiah yang konklusif, akan tetapi bukti anekdotal serta penelitian awal menunjukkan hasil yang sangat menjanjikan.


Menjaga berat badan


Serat yang terkandung pada buah tin dapat membantu menurunkan berat badan serta sangat direkomendasikan bagi orang-orang yang gemuk atau memiliki berat badan berlebih. Menurut sebuah penelitian buah-buahan kering, terutama buah tin adalah sumber nutrisi yang unggul.

Akan tetapi, jumlah kalorinya yang tinggi juga dapat menyebabkan penambahan berat badan, terutama ketika dikonsumsi menggunakan susu.


Mengobati disfungsi seksual


Pada zaman dahulu buah tin telah direkomendasikan untuk mengatasi disfungsi seksual seperti kemandulan serta diafungsi ereksi.

Buah tin ini dipercaya sebagai obat kuat atau suplemen seksual pada zaman dahulu. Sebagian besar karena kandungan mineral serta vitamin yang ada didalamnya. Untuk mendapatkan vitalitas seksual dengan menggunakan buah tin, rendam 2-3 buah tin didalam susu semalaman. Makan disaat pagi hari untuk meningkatkan gairah.


Menjadikan kulit cantik dari dalam


Buah tin merupakan sumber vitamin, antioksidan serta mineral yang sangat berpengaruh baik untuk kesehatan kulit. Nutrisi ini dapat meningkatkan kesehatan serta membantu sirkulasi darah dan nutrisi, sehingga kulit senantiasa terlihat lebih cantik dan terawat dari dalam ataupun luar.


Masker wajah


Buah tin mentah dapat anda gunakan untuk membuat masker wajah yang kaya akan antioksidan serta nutrisi. Cukup dengan cara menghancurkan buah tin dan aplikasikan kebagian wajah anda dengan gerakan melingkar. Tambah 1 sendok makan yogurt untuk manfaat pelembab tambahan.

Diamkan masker selama 10-15 menit kemudian bilas hingga bersih secara menyeluruh dengan air hangat. Jangan gunakan buah tin sebagai masker jika kulit rawan alergi.


Memperkuat rambut


Buah tin juga dipercaya untuk memperkuat serta melembabkan rambut dan merangsang kesuburannya. Penelitian ilmiah tentang manfaat buah tin bagi rambut masih kurang, tetapi ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa beberapa vitamin serta mineral didalamnya dapat membantu menjaga rambut anda tetap sehat.

Hal ini dikarenakan kandungan tembaga, seng, magnesium, kalsium, selenium, vitamin C serta vitamin B didalamnya.


Menurunkan tekanan darah


Biasanya orang mengkonsumsi natrium dalam bentuk garam, akan tetapi kadar kalium rendah serta natrium yang tinggi dapat menyebabkan hipertensi.

Buah tin mengandung banyak kalium serta rendah sodium, sehingga dapat mengatasi hipertensi. Hal inilah yang menjadikan buah tin sebagai bahan makanan yang sangat bermanfaat untuk menenangkan saraf.


Memperkuat tulang


Sebuah studi menunjukkan bahwa buah tin kaya akan kalsium yang merupakan salah satu komponen penting dalam memperkuat tulang serta mengurangi risiko osteoporosis.

Buah tin ternyata juga kaya akan fosfor yang berfungsi mendorong pembentukan tulang serta mamacu regenerasi jika ada kerusakan atau degradasi pada tulang.


Mencegah kanker perut serta kulit


Buah tin merupakan sumber senyawa bioaktif seperti asam lemak serta fenol. Senyawa ini membantu menurunkan risiko kanker kulit.

Menurut sebuah penelitian buah tin kaya akan enzim proteolitik yang dapat membantu menghambat pertumbuhan kanker didalam lambung.

Kandungan serat buah tin bermanfaat bagi kesehatan anda secara keseluruhan serta membantu mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker perut, usus besar serta kanker payudara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel