Manfaat buah srikaya untuk kesehatan tubuh

Manfaat buah srikaya untuk kesehatan tubuh


Masarief.com - Khasiat serta manfaat buah srikaya sangatlah beragam. Beberapa jenis nutrisi serta zat yang terkandung pada buah, biji, daun, batang tanaman srikaya disinyalir dapat memberi efek yang baik bagi kesehatan serta mencegah penyakit.

Buah srikaya adalah salah satu jenis buah yang banyak tumbuh didaerah tropis dan subtropis, termasuk diindonesia. Ekstrak alami dari buah, daun dan kulitnya digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti produk makanan, pengobatan herbal hingga kosmetik.

Buah srikaya memiliki cita rasa yang manis ini sering dikonsumsi secara langsung maupun dijus. Dalam 1 buah srikaya terdapat kandungan sekitar 60-100 kalori serta beragam nutrisi, antara lain :

• protein
• serat
• karbohidrat
• vitamin C dan vitamin B
• magnesium, mineral, kalsium, kalium, zat besi dan fosfor.

Selain nutrisi diatas, buah srikaya juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup melimpah. Jenis antioksidan yang terkandung pada buah srikaya adalah polifenol.

Berikut manfaat buah srikaya yang baik untuk kesehatan karena banyaknya kandungan nutrisi didalamnya, diantaranya :


Menjaga kesehatan sistem pencernaan


Buah srikaya adalah sumber serat yang baik untuk kesehatan pada sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi serat secara rutin, tubuh akan terhindar dari bermacam jenis masalah pencernaan, salah satunya diare.

Kandungan antioksidan serta karbohidrat kompleks pada buah srikaya juga menjadikan buah ini bermanfaat untuk menjaga pertumbuan kuman baik didalam usus.


Meningkatkan daya tahan tubuh


Kandungan polifenol serta vitamin C yang cukup banyak pada buah srikaya, sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat maka tubuh akan lebih kuat melawan infeksi, sehingga tidak mudah terserang penyakit.


Mengurangi risiko kanker


Ketika radikal bebas bertumpuk, maka tubuh akan mudah mengalami kerusakan sel serta peradangan. Seiring berjalannya waktu ini akan berdampak pada risiko munculnya berbagai macam penyakit, salah satunya adalah penyakit kanker.

Untuk mengurangi radikal bebas, tubuh memerlukan asupan antioksidan yang cukup. Cara mendapatkan antioksidan salah satunya adalah dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, termasuk buah srikaya.


Mencegah penyakit kardiovaskular


Tekanan darah tinggi yang tidak teratur dapat meningkatkan risiko timbulnya penyakit kardiovaskular (jantung serta pembuluh darah), seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

Manfaat buah srikaya untuk mencegah penyakit kardiovaskular ialah dengan mencegah hipertensi. Efek ini diduga berkat kandungan antioksidan, magnesium, kalium, serta serat didalam buah srikaya.


Menjaga gula darah agar tetap stabil


Kandungan nilai Indeks glikemik yang cukup dimiliki oleh buah srikaya. Hal ini, sangat bermanfaat untuk mencegah meningkatnya gula darah.

Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak daun buah srikaya mampu menjaga kestabilan kadar gula darah serta menurunkan dosis penggunaan insulin. Oleh karenanya buah srikaya tetap dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes.


Membasmi kutu rambut serta ketombe


Beberapa studi juga menunjukkan bahwa ekstrak biji buah srikaya yang diaplikasikan dengan minyak kelapa disinyalir ampuh untuk mengatasi kutu rambut serta ketombe. Akan tetapi, penggunaannya harus hati-hati jangan sampai terkena mata karena dapat menyebabkan iritasi serta kerusakan mata.

Ketika terkena mata, ekstrak biji buah srikaya berpotensi menyebabkan keratitis. Selain beragam manfaat buah srikaya diatas, buah srikaya juga sering dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Diduga dapat membantu meredakan peradangan serta nyeri dan memelihara kesehatan pada mata.

Meski kaya akan manfaat, mengkonsumsi buah srikaya juga harus hati-hati. Hampir seluruh tanaman buah srikaya mengandung senyawa racun yaitu annonain, tetapi jumlah terbanyak terdapat pada bagian biji serta kulitnya.

Sebuah riset menunjukkan bahwa zat tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit parkinson. Oleh karena itu, pastikan biji serta kulit buah srikaya dibuang dahulu sebelum anda mengkonsumsinya langsung.

0 komentar

Posting Komentar