Manfaat buah salak bagi kesehatan

Manfaat buah salak bagi kesehatan

Masarief.com - Salak adalah buah yang sangat mudah dicari hampir sepanjang musim di indonesia. Buah ini ternyata memiliki kandungan nutrisi. Buah yang mempunyai kulit bergerigi ini mengandung vitamin C, protein, kalsium, zat besi, fosfor serta karbohidrat yang sangat baik bagi kesehatan. Buah ini juga kaya akan kandungan beta-karoten yang merupakan antioksidan yang sangat kuat serta berfungsi sebagai pencegah penyakit kardiovaskular, kanker bahkan struk.

Buah salak di ketahui mengandung lima kali lebih banyak beta-karoten dibandingkan buah yang lainnya seperti mangga dan semangka. Berikut beberapa manfaat buah salak yang telah saya rangkum dari berbagai sumber:


1. Baik bagi ibu hamil


Banyak yang bilang buah salak tidak baik untuk ibu hamil. Hal itu memang di benarkan, tetapi yang dimaksud adalah tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Pasalnya zat besi yang terkandung pada salak bisa membantu mengatasi anemia pada ibu hamil.

Salak juga dikenal mampu mengatasi mual saat pagi hari bagi ibu hamil. Kandungan kalsium yang cukup pada buah salak juga dapat membantu proses pembentukan tulang pada janin. Perlu di ingat, konsumsilah salak satu atau dua buah saja perhari.


2. Bantu turunkan berat badan


Kandungan serat serta antioksidan yang tinggi di dalam buah salak menjadi buah yang sangat di cari banyak orang untuk bantu turunkan berat badan. Karena salak juga memiliki kandungan kalsium serta karbohidrat yang menyediakan energi dan stamina bagi tubuh yang ingin diet. Kulit buah salak yang di jadikan teh ternyata juga berkhasiat sama sebagai penurun berat badan.


3. Kontrol gula darah


Pterostilbene yang terkandung pada buah salak merupakan agen penurun glukosa darah yang membantu mengendalikan diabetes. Kulit dari buah salak yg di jadikan teh ternyata mampu meregenerasi sel pankreas yang membantu mengendalikan diabetes.


4. Melancarkan pencernaan


Kandungan tanin, saponin, flavonoid, beta-karoten serta kalsium yang terdapat pada salak sangat baik untuk menutrisi perut. Semisal tanin yang bekhasiat anti diare. Salak juga baik sebagai obat untuk pencernaan lambung. Ada baiknya jika anda mengkonsumsi salak bersamaan dengan kulit ari tipisnya yang berguna sebagai pencegah sembelit.


5. Obat mata


Menurut penelitian banyaknya kandungan beta-karoten yang terdapat pada buah salak bermanfaat sebagai obat mata. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara di jus sebagai alternatif. Walaupun wortel juga dikenal manfaatnya untuk kesehatan mata. Vitamin A yang terkandung didalam salak juga bagus untuk membantu meningkatkan ketajaman pada mata.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel