Manfaat buah rambutan

Manfaat buah rambutan

Masarief.com - Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini ? Ya buah rambutan, buah yang sangat mudah kita jumpai di indonesia. Buah yang hanya bisa tumbuh di negata tropis.

Buah ini sangat baik di konsumsi oleh semua orang, tetapi masih ada sebagian orang ada yang tidak mau mengkonsumsinya dikarenakan bentuk kulit dari buah rambutan yang menyerupai rambut.

Dengan kesegaran yang khas buah rambutan ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Buah yang berasal dari asia tenggara ini memiliki nama latin nephelium lappaceum.

Tidak kalah dengan buah pada umumnya, buah rambutan juga kaya akan vitamin, serat serta mineral. Daging atau buah rambutan yang memiliki berat 100 gram mengandung 1,3-2 gram serat. Serat tersebut sangat baik bagi tubuh termasuk bagi sistem pencernaan.

Jika anda mengkonsumsi 5-6 buah rambutan, sekitar 50 persen vitamin C harian anda akan terpenuhi. Antioksidan yang terkandung dalam buah rambutan mampu mencegah dari berbagai penyakit.

Manfaat apa sajakah yang terkandung dalam buah rambutan bagi kesehatan, berikut ulansannya yang akan saya rangkum dari berbagai sumber yaitu :


1. Menjaga kesehatan jantung


Vitamin C yang terkandung pada buah rambutan dapat menjaga kesehatan jantung serta menyehatkan pembuluh darah. Vitamin C yang berfungsi memperbaiki pembuluh darah dan dapat menurunkan resiko serangan jantung.


2. Mencegah penyakit batu ginjal


Kandungan mineral yang cukup tinggi mampu mencegah gumpalan kristal mineral yang sering disebut batu ginjal. Fosfor yang terkandung berkhasiat untuk menyaring racun dalam tubuh.


3. Menurunkan berat badan


Buah rambutan mengandung serat yang bermanfaat sebagai penurun berat badan, serat akan membakar kalori serta melancarkan pencernaan. Mengkonsumsi buah rambutan mampu mencegah anda tidak cepat lapar ataupun haus.


4. Mengatasi diabetes


Buah rambutan di sinyalir mampu mengatasi diabetes. Menurut penelitian buah rambutan mampu menurunkan kadar glukosa darah, sehingga dapat mengatur gula darah.


5. Menguatkan tulang


Selain susu, manfaat buah rambutan berikutnya adalah mampu menguatkan tulang, mengkonsumsi buah rambutan dapat mencegah osteoporosis serta kandungan fosfor yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel