Manfaat buah plum merah, baik untuk diet serta kulit

Manfaat buah plum merah, baik untuk diet serta kulit

Masarief.com - Manfaat buah plum merah yang baik untuk kesehatan, antioksidan yang terkandung dalam buah plum merah dapat mencegah berbagai macam penyakit seperti osteoporosis, degenerasi makula, kanker serta diabetes. Buah plum merah juga sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan sistem imunitas.


Kandungan air dalam buah plum cukup tinggi dan memiliki beragam warna serta bentuk yang berbeda. Buah plum merah memiliki kandungan sumber terbaik seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E, vitamin B1, B2, B3, B6, dan folat.

Berikut beberapa manfaat buah plum merah yang saya ketahui yaitu :


Tinggi antioksidan


Kandungan seperti vitamin C serta fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthin hingga asam klorogenat yang ada didalam buah plum merah adalah komponen-komponen yang memiliki kualitas antioksidan yang efektif dan dapat mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Penelitian menyimpulkan bahwa fenol yang terdapat pada buah plum dapat memperluas efek perlindungan pada lemak esensial dineuron serta membran sel terhadap cedera yang diakibatkan oleh stres oksidatif.


Cegah diabetes


Penelitian menyimpulkan bahwa mengkonsumsi ekstrak buah plum bisa membantu mengurangi gula darah serta kadar trigliserida dalam tubuh. Kandungan flavonoid yang terdapat pada buah plum juga dapat memberikan efek perlindungan terhadap resistensi insulin serta membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.


Cegah osteoporosis


Mengkonsumsi buah plum kering bisa memberikan tindakan anabolik serta resorptif yang membantu menjaga kesehatan tulang. Kandungan polifenol dan kalium yang terdapat pada buah plum kering disinyalir dapat mendorong pembentukan tulang, meningkatkan kepadatan tulang serta mencegah pengroposan tulang yang diakibatkan kurangnya hormon ovarium.

Mengkonsumsi buah plum kering secara teratur dipercaya mampu membantu pemulihan kepadatan pada tulang yang hilang seiring dengan bertambahnya usia.


Lancarkan pencernaan


Buah plum merah untuk diet adalah dapat melancarkan pencernaan. Kandungan serat yang terdapat pada buah plum merah sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan. Menurut penelititan bahwa mengkonsumsi buah plum kering juga dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit.


Menyehatkan sistem saraf


Kandungan vitamin B pada buah plum bisa membantu transmisi sinyal saraf serta membantu kelancaran sistem saraf. Mereka juga membantu pertumbuhan normal otak dan membantu pembentukan hormon yang bisa mempengaruhi suasana hati.

Kandungan asam amino tryptophan didalam buah plum juga bisa membantu produksi neurotransmitter serotonin yang berperan penting dalam meningkatkan nafsu makan, konsentrasi dan kualitas tidur.


Tingkatkan kesehatan jantung


Mengkonsumsi buah plum kering bisa membantu meningkatkan fluiditas darah di arteri. Efek ini membantu perlindungan dalam pencegahan berbagai gangguan jantung, termasuk aterosklerosis, stroke serta serangan jantung.


Tingkatkan kekebalan tubuh


Vitamin C yang terkandung dalam buah plum merah cukup tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap peradangan serta infeksi.

Konstituen imunostimulan yang di miliki buah plum merah dapat mendorong produksi oksida nitrat dalam tubuh, menghambat metastasis  sel tumor serta bermanfaat mencegah berbagai penyakit.


Mengatur kadar kolesterol


Mengkonsumsi buah plum segar atau kering dapat mencegah hiperkolesterolemia serta hiperlipidemia. Sebuah penelitian membuktikan kamanjuran buah plum dibandingkan dengan jus anggur dalam mempertahankan kadar plasma dan kolesterol hati yang sehat.

Kandungan serat yang terdapat didalam buah plum juga dapat menambah efek perlindungan jantung dengan mengurangi LDL atau kolesterol jahat serta membantu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.


Potensi anti kanker


Ekstrak pada buah plum telah terbukti dapat mengobati kanker. Menurut penelitian membuktikan bahwa komponen epicatechin hadir dalam buah plum. Hal ini bisa membantu menghambat pertumbuhan dan proliferasi ganas sel kanker serta menginduksi apoptosis pada karsinoma hepatoseluler manusia atau kanker hati.


Merawat kulit


Manfaat buah plum merah berikutnya adalah dapat membantu merawat kulit serta menjaga kulit tetap sehat. Kandungan vitamin C serta antioksidannya dapat membuat kulit tampak bercahaya dan terlihat lebih awet muda.

Rutin mengkonsumsi buah plum merah dapat membantu mengurangi bintik-bintik hitam serta kerutan pada kulit dikarenakan adanya nutrisi anti penuaan.  Ekstrak buah plum juga sering digunakan sebagai campuran berbagai macam produk seperti masker wajah dan sebagai cuci muka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel