Manfaat buah nangka

Manfaat buah nangka

Masarief.com - Di balik rasa manis serta aromanya yang unik, ternyata banyak manfaat buah nangka yang bisa kita dapatkan. Nutrisi yang terkandung pada buah nangka menjadikan buah ini sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan.

Buah nangka sangat mudah kita jumpai di indonesia, buah yang memiliki kulit sedikit berduri dan berwarna hijau kekuningan. Buah nangka juga bisa dikonsumsi langsung atau dijadikan es buah, salad buah, jus hingga kolak.

Satu porsi buah nangka sekitar 100 - 150 gram terdapat sekitar 100 - 160 kalori. Buah yang cukup digemari ini memiliki kandungan beberapa jenis nutrisi yang baik bagi kesehatan antara lain:

● Serat
● Protein
● Karbohidrat kompleks
● Mineral, kalium, magnesium, tembaga serta mangan
● Vitamin A, B, dan C

Selain nutrisi yang terdapat diatas buah nangka juga memiliki cukup banyak kandungan air dan antioksidan. Lemak yang di kandung buah nangka sangatlah sedikit.

Berikut ini adalah manfaat dari buah nangka yang saya ketahui dari berbagai sumber yaitu:


1. Mengurangi resiko kanker


Penyakit kanker adalah penyakit yang berbahaya dan paling mematikan di dunia. Cara terhindar dari penyakit ini ada beberapa cara supaya dapat mencegah serta menjaga kesehatan, adalah menjaga pola makan sehat serta mengkonsumsi makanan yang bernutrisi.

Salah satunya adalah buah nangka, buah yang memiliki banyak kandungan antioksidan. Antioksidan dapat menangkal efek negatif radikal bebas pada sel-sel tubuh serta dampak kerusakan sel akibat radikal bebas dapat menimbulkan beragam penyakit kronis seperti kanker.


2. Memelihara kesehatan kulit


Kandungan vitamin C serta antioksidan dalam buah nangka mampu mencegah kulit dari paparan sinar matahari. Vitamin C dari buah nangka juga dapat menghasilkan kolagen yang menjadikan kulit kenyal serta kencang, sehingga dapat mencegah penuaan dini.


3. Mencegah penyakit kardiovaskular


Kandungan serat, kalium serta antioksidan yang cukup tinggi sangat bermanfaat dalam memelihara kesehatan jantung serta pembuluh darah. Serat dan antioksidan berfungsi mengurangi kolesterol dan mencegah penyumbatan pembuluh darah. Sedangkan kalium berfungsi menjaga tekanan darah tetap stabil.


4. Menjaga berat badan ideal


Protein serta serat dalam buah nangka yang cukup tinggi akan membuat anda merasa kenyang lebih lama jika anda mengkonsumsinya. Buah nangka juga terbilang rendah akan kalori sehingga buah nangka adalah salah satu pilihan makanan yang baik untuk menjaga berat badan tetap ideal.


5. Melancarkan pencernaan


Manfaat buah nangka berikutnya adalah untuk melancarkan pencernaan. Buah nangka merupakan sumber serat yang baik. Dengan mengkonsumsi serat yang cukup maka tubuh akan terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit. Selain serat buah nangka juga mengandung karbohidrat kompleks yang berfungsi sebagai prebiotik untuk mendukung kuman baik disaluran pencernaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel