Manfaat buah kesemek untuk kesehatan mampu mengatasi ambeien serta wasir

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan mampu mengatasi ambeien serta wasir

Masarief.com - Buah kesemek adalah jenis buah-buahan yang bermargakan Diospyros. Buah yang satu ini juga memiliki nama ilmiah Diospyros kaki. Tidak hanya kesemek, buah ini juga dijuluki dengan sebutan buah kaki, japanese persimmon, oriental persimmon, serta apel jawa dikarenakan bentuknya yang hampir serupa dengan buah apel serta banyak tumbuh diarea pulau jawa.

Buah kesemek ketika masih muda akan berwarna hijau serta akan berubah warna menjadi orange ketika matang. Kandungan tanin yang terdapat pada buah kesemek membuat buah ini memiliki rasa sepat ketika masih muda, seiring dengan matangnya buah, kadar zat tanin akan berkurang sehingga rasa sepat tersebut akan berubah menjadi manis.

Buah kesemek diperkaya dengan vitamin serta sejumlah zat, hal ini membuat buah kesemek memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa daftar manfaat buah kesemek untuk kesehatan yang harus anda tahu!


Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Kandungan vitamin C pada buah kesemek memiliki sekitar 7,5 mg untuk setiap 100 gramnya. Hal inilah yang menjadikan buah kesemek baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi buah kesemek dapat mencegah dari berbagai penyakit seperti flu, infeksi pada paru-paru hingga asma.


Merawat sistem pencernaan


Buah kesemek juga kaya akan serat. Kandungan serat yang terdapat pada buah kesemek sangat baik untuk merawat fungsi sistem pencernaan serta mencegahnya dari gangguan pencernaan seperti diare, radang usus serta sembelit.


Menjaga kesehatan mata


Mengkonsumsi buah kesemek secara rutin membantu memelihara kesehatan mata. Buah kesemek sangat bermanfaat bagi kesehatan mata dikarenakan adanya kandungan vitamin A didalamnya. Beberapa gangguan kesehatan mata yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah kesemek antara lain katarak serta kerusakan retina.


Mengatasi hipertensi


Buah kesemek juga bermanfaat untuk mengatasi hipertensi serta merawat kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan buah kesemek mengandung mineral bernama kalium yang sangat berfungsi untuk menurunkan tekanan darah didalam tubuh.


Meningkatkan metabolisme tubuh


Vitamin B yang terkandung pada buah kesemek membuat buah yang satu ini sangat baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang baik, tubuh akan semakin berenergi serta organ tubuh dapat berfungsi secara optimal.


Menurunkan berat badan


Apakah anda sedang dalam program menurunkan berat badan? Selain mengatur gaya hidup serta pola makan, anda juga harus mengkonsumsi makanan yang sehat. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah kesemek sebagai cemilan sehat anda. Buah kesemek dinilai mampu menurunkan berat badan.

Kandungan lemak yang terdapat didalam buah kesemek sekitar 0,19 mg. Tidak hanya itu, buah kesemek kaya akan serat yang mana jika anda mengkonsumsinya akan memberikan dampak rasa kenyang lebih lama.


Mencegah kanker


Tidak disangka ternyata buah kesemek dapat mencegah berbagai penyakit kronis seperti kanker. Khasiat buah kesemek untuk mencegah kanker yang memungkinkan buah ini mengandung zat antioksidan serta fitonutrien yang berfungsi untuk radikal bebas sebagai pemicu tumbuhnya sel kanker.


Anti-inflamasi


Buah kesemek memiliki kandungan senyawa kimia yang bernama phytochemicals yang bersifat anti-inflamasi serta anti-infeksi. Jika anda ingin terhindar dan terlindung dari risiko infeksi penyakit, konsumsilah buah kesemek secara rutin.


Mengatasi ambeien serta wasir


Manfaat buah kesemek selanjutnya adalah untuk mengatasi ambeien serta wasir. Hal ini disebabkan karena buah kesemek mengandung zat yang bersifat anti-haemorhoid yang berfungsi mengobati kedua jenis penyakit tersebut.


Meningkatkan produksi sel darah merah


Bagi para penderita kekurangan darah atau disebut juga anemia, anda bisa mengkonsumsi buah kesemek untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah (eritrosit). Manfaat buah kesemek tidak lepas dari adanya kandungan tembaga yang difungsikan untuk menyerap zat besi, sehingga dapat bekerja secara optimal untuk memproduksi sel darah merah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel