Manfaat buah ceri yang baik untuk kesehatan tubuh serta wajah

Manfaat buah ceri yang baik untuk kesehatan tubuh serta wajah
Masarief.com - Buah ceri, buah yang satu ini memang sudah tidak asing lagi disekitar kita terkadang buah ini hampir disetiap tempat kita dapat menjumpainya. Buah yang berbentuk bulat kecil nan imut ini memiliki warna merah yang menggoda. Buah yang sering di jadikan hiasan pada kue ini ternyata terdapat kandungan serta manfaat didalamnya.

Berikut beberapa manfaat buah ceri yang baik untuk kesehatan tubuh serta wajah, antara lain:

Menghaluskan serta mencerahkan wajah


Buah ceri mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang berfungsi melawan radikal bebas, sehingga mampu menghambat proses penuaan dini. Buah ceri juga disinyalir mampu mengurangi kadar minyak pada wajah.

Bagi anda yang ingin menggunakan buah ceri sabagai masker wajah, anda bisa menggunakannya secara teratur sekitar 2-3 setiap minggu. Anda juga dapat menambahkan sedikit madu sebagai campuran masker untuk melembabkan serta mencerahkan kulit wajah.


Mengatasi jerawat


Jerawat merupakan musuh abadi bagi penderitanya, dikarenakan kemunculannya yang sangat mengganggu penampilan. Tapi jangan cemas, anda bisa memanfaatkan buah ceri untuk mengatasi jerawat.

Antioksidan yang terkandung pada buah ceri berfungsi membasmi bakteri penyebab jerawat serta mengangkat sel-sel kulit mati. Anda bisa mengoleskan buah ceri pada wajah anda menggunakan cutton buds. Tetapi ingat, jangan lupa untuk mencuci wajah terlebih dahulu sebelum menggunakannya.


Mengatasi masalah rambut


Bagi anda yang mengeluhkan masalah rambut rontok. Kini anda bisa mengatasi itu dengan melakukan perawatan rambut menggunakan buah ceri. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menghaluskan buah ceri serta membalurkannya keseluruh bagian rambut.

Setelah itu anda diamkan selama 20 menit, kemudian bilas. Selain dapat mengatasi rambut rontok, buah ceri juga dipercaya dapat mengatasi rambut kering, ketombe serta rambut bercabang.


Membantu tidur lebih nyenyak


Ketika anda mengalami kesulitan tidur pada malam hari, anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi buah ceri. Didalam buah ceri terdapat kandungan melatonin yang berfungsi untuk mengatur siklus tidur.

Anda juga dapat membuat proses tidur dengan cara mematikan lampu, karena dalam keadaan gelap turut merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak melatonin. Melatoninlah yang kemudian memberi tugas keotak bahwa itu saatnya tubuh kita untuk tidur.


Detoks racun dalam tubuh


Detoks adalah proses pengeluaran racun dari dalam tubuh. Detoks juga membuat pencernaan kita bekerja lebih baik sehingga makanan yang masuk tidak menjadi lemak atau kotoran yang menumpuk, tetapi mampu menjadi energi untuk  asupan aktivitas kita sehari-hari.

Detoks alami memang jauh lebih baik bagi kesehatan salah satunya dengan memanfaatkan buah ceri. Anda bisa melakukan detoks dengan jus buah ceri secara rutin. Selain bermanfaat untuk detoks, jus buah ceri juga menyegarkan sehingga membuat semangat anda meningkat.


Mengatasi peradangan dalam tubuh


Buah ceri memiliki senyawa antochyanin yang berfungsi mengatasi peradangan. Peradangan bisa terjadi ketika tubuh mengindikasi adanya sesuatu yang membahayakan, seperti iritasi, adanya sel-sel yang rusak serta lain sebagainya.

Tidak hanya itu, peradangan juga dapat membahayakan usus serta sendi dalam tubuh. Karena itu perlu dilakukan penanganan ketika terjadi timbulnya peradangan, anda bisa menggunakan buah ceri sebagai alternatif pengobatan alami.


Mengatasi asam urat


Kandungan senyawa osteoarthritis serta rheumatoid arthritis yang berfungsi meredakan nyeri sendi serta asam urat. Anda bisa memanfaatkan buah ceri sebagai tindakan pencegahan. Selain memakannya secara langsung, anda juga bisa mencoba mengkonsumsi rebusan daun buah ceri untuk meredakan rasa nyeri.


Menurunkan kadar gula darah


Air dari rebusan daun buah ceri disinyalir mampu menurunkam kadar gula darah tinggi, yang merupakan pemicu timbulnya penyakit diabetes. Buah ceri mengandung saponin yang berperan munrunkan gula darah dengan cepat. Ini sangat cocok bagi penderita diabetes sebagai alternatif pengobatan alami.

Perlu diingat mengurangi mengkonsumsi buah ceri jika kadar gula darah mulai normal kembali, dikarenakan gula darah yang terlalu rendah juga tidak baik bagi tubuh.


Menurunkan kolesterol


Selain mampu mengatasi nyeri serta menurunkan kadar gula darah, air rebusan daun buah ceri juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol. Mengkonsumsi air rebusan daun buah ceri 2 kali sehari akan berdampak baik bagi tubuh anda. Perlu diingat, upaya penurunan kolesterol perlu dibarengi dengan menjaga pola makan serta gaya hidup sehat.


Mencegah kanker


Kandungan senyawa flavonoid pada buah ceri berfungsi melawan serta mencegah sel-sel kanker dalam tubuh. Anda dapat menggunakan rebusan daun ceri sebagai obat alami untuk mengatasinya.

Antioksidan yang terdapat pada buah ceri juga berfungsi menangkal radikal bebas yang membuat sel-sel tubuh menjadi rusak. Dengan mengkonsumsi buah ceri secara rutin, tubuh anda dapat terhindar dari risiko serangan penyakit kanker.

0 komentar

Posting Komentar