Manfaat blueberry untuk kesehatan mata serta tubuh

Manfaat blueberry untuk kesehatan mata serta tubuh

Masarief.com - Blueberry merupakan tanaman yang memiliki berry berwarna biru serta ungu. Buah berukuran kecil ini diklasifikasikan pada bagian cyanoccus dan termasuk dalam genus vaccinium. Selain blueberry juga terdapat cranberry, huckleberry serta bilberry yang termasuk dalam genus vaccinium ini.

Karena banyaknya nutrisi penting yang terkandung pada buah super lezat ini, blueberry sering disebut sebagai superfood lho guys, yang mampu menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh anda.

Tidak hanya itu, blueberry juga memiliki kandungan antioksidan lebih banyak, dibandingkan dengan makanan lainnya. Dengan banyaknya antioksidan serta nutrisi yang terdapat didalamnya, blueberry sering dianggap sebagai salah satu makanan tersehat.

Berikut ini sedikit ulasan tentang manfaat blueberry bagi kesehatan untuk memelihara kesehatan wajah serta kulit, yuk simak :


Mendukung kesehatan mata


Manfaat yang pertama dari buah blueberry adalah untuk kesehatan mata. Blueberry ternyata memiliki kandungan antioksidan khusus, seperti karetonoid (zeaxantin lutein dll), flavonoid, (resveratrol, rutin, quercetin, dll), dan senyawa antioksidan lainnya yang mampu mendukung kesehatan mata.

Dengan banyaknya kandungan antioksidan tersebut maka orang yang menkonsusmsi buah blueberry secara rutin, akan terhindar dari masalah kesehatan mata seperti miopia, katarak, degenerasi makula, hipermetropia, mata kering dan infeksi yang berhubungan dengan retina.


Meningkatkan kesehatan tulang


Selain dapat mendukung kesehatan pada mata, blueberry juga mampu meningkatkan kesehatan tulang. Blueberry memiliki beberapa komponen tulang yaitu seperti mangan, seng, fosfor, kalsium, serta vitamin K, yang mampu meningkatkan kesehatan pada tulang. Mineral serta vitamin tersebut juga dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mempertahankan struktur tulang tersebut.


Mengobati infeksi saluran kemih (ISK)


Infeksi saluran kemih merupakan suatu kondisi dimana terjadinya infeksi pada saluran kemih seseorang. Infeksi yang sebagian besar diderita oleh para kaum wanita, ternyata hal ini dapat diatasi dengan cara yang sangat sederhana, yaitu dengan mengkonsumsi blueberry secara rutin setiap harinya.

Blueberry dapat membunuh penyebab utama dari infeksi saluran kemih ini yaitu koloni bakteri, E.coli. Senyawa yang terdapat pada blueberry yaitu polimer, yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri tersebut.

Tidak hanya itu, sifat antibiotik yang ada didalam blueberry juga dapat menghambat pertumbuhan E.coli tersebut.


Mengontrol diabetes


Blueberry merupakan buah yang cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes lho. Bahkan the american diabetes association menyatakan blueberry sebagai 'diabetes super', karena kandungan yang dimiliki oleh buah blueberry ini, seperti serat, antioksidan serta vitamin yang dapat memberikan beberapa manfaat untuk mengontrol diabetes.

Dengan rendahnya kalori serta banyaknya nutrisi yang ada didalam blueberry, mampu membantu menurunkan berat badan, yang merupakan salah satu tindakan untuk melawan diabetes.


Meningkatkan daya ingat serta suasana hati


Banyak penelitian yang menemukan fakta, bahwa mengkonsumsi blueberry, akan meningkatkan daya ingat serta kognisi seseorang. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa, dengan rutin mengkonsumsi jus blueberry selama 12 minggu secara rutin, mampu meningkatkan daya ingat orang yang telah lanjut usia.

Tidak hanya itu, kandungan flavonoid pada blueberry liar, yang berperan sebagai anti depresan aktif, yang dapat membantu meningkatkan suasana hati.


Meningkatkan kesehatan jantung


Kandungan serat, kalium, vitamin C, vitamin B, folat serta vitonutrien yang terdapat pada blueberry, mampu untuk melindungi kesehatan jantung anda. Selain itu, blueberry juga tidak mengandung kolesterol, yang merupakan salah satu penyebab utama dari penyakit jantung. 

Itulah sedikit ulasan mengenai manfaat blueberry yang baik untuk kesehatan, tidak hanya memiliki rasa yang lezat ternyata blueberry juga memiliki dampak yang sangat baik serta menyehatkan bagi tubuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel