Manfaat blackcurrant bagi kesehatan baik untuk jantung

Manfaat blackcurrant bagi kesehatan baik untuk jantung


Masarief.com - Blackcurrant (ribes nigrum) adalah tanaman yang berbentuk bulat berwarna keunguan. Buah ini berasal dari eropa dan menyebar ke asia utara. Buah yang sedikit mirip dengan buah anggur, namun berukuran lebih kecil.

Blackcurrant adalah sumber nutrisi yang baik seperti vitamin, asam lemak, mineral, serat makanan, omega 3, flavonoid serta antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut beberapa ulasan tentang manfaat blackcurrant untuk kesehatan:


Menjaga jantung tetap sehat


Mengkonsumsi blackcurrant secara teratur dalam jumlah yang cukup bermanfaat bagi jantung. Hal ini akan menjaga kesehatan jantung serta menurunkan risiko masalah kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, detak jantung tidak teratur dan sebagainya. Ini disebabkan oleh senyawa polifenol seperti flavonoid didalamnya.


Mengurangi risiko kanker


Blackcurrant bersifat anti-karsinogenik, yang berarti blackcurrant memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko terkena kanker dalam tubuh. Ini disebabkan oleh antioksidan yang muncul seperti vitamin C, beta-karoten, zeaxanthin, cryptoxanthin dan lainnya.


Tinggi asam omega 3


Blackcurrant merupakan sumber asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk membantu kadar kolesterol dalam tubuh dengan menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) serta meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik).


Mengontrol tekanan darah tinggi


Manfaat blackcurrant mampu mengontrol tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi blackcurrant secara teratur akan menurunkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi karena adanya potasium serta kalium yang berfungsi sebagai vasodilator, yang melemaskan pembuluh darah serta memastikan aliran darah.


Melawan infeksi


Blackcurrant memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dengan membuat sistem kekebalan tubuh anda lebih kuat serta membangun perlindungan tubub terhadap infeksi. Secangkir blackcurrant menyediakan sekitar 338 persen kebutuhan vitamin C harian.


Mencegah inflamasi saluran kemih


Mengkonsumsi blackcurranr secara teratur bermanfaat untuk menurunkan risiko infeksi bakteri seperti ISK (infeksi saluran kemih) serta jenis infeksi lainnya. Kandungan senyawa kimia seperti tanin serta antosianin yang dapat mengurangi risiko infeksi.


Baik untuk mata


Manfaat berikutnya dari blackcurrant adalah baik untuk mata. Mengkonsumsi blackcurrant setiap hari secara teratur memberikan dampak yang baik untuk kesehatan mata. Kandungan antioksidan seperti vitamin C yang dapat mencegah radikal bebas yang menyebabkan kerusakan oksidatif pada mata.


Mengurangi risiko anemia


Kandungan zat besi yang tinggi didalam blackcurrant dapat membantu dalam pembentukan sel darah merah serta memastikan bahwa darah beroksigen beredar keseluruh organ tubuh. Hal ini bisa mengurangi risiko anemia.


Meningkatkan kualitas tidur


Bagi anda yang susah tidur cobalah mengkonsumsi blackcurrant karena blackcurrant memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas tidur serta memberikan kelegaan dari insomnia. Kandungan seperti magnesium yang ada didalam blackcurrant akan membantu kualitas tidur anda.


Meningkatkan kesehatan otak


Blackcurrat bermanfaat meningkatkan kesehatan pada otak, mengkonsumsi buah ini secara teratur dapat mempertajam kemampuan memori serta meningkatkan suplai oksigen keotak. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan zat besi dan antioksidan didalamnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel