Manfaat bengkoang bagi tubuh dapat meningkatkan fungsi otak

Manfaat bengkoang bagi tubuh dapat meningkatkan fungsi otak

Masarief.com - Bengkoang dikenal dari umbi putihnya yang dapat dikonsumsi. Salah satunya sering digunakan sebagai olahan rujak serta asinan atau dijadikan masker bengkoang yang bisa memutihkan wajah serta menyegarkan kulit.

Tumbuhan yang termasuk dalam suku polong polongan ini berasal dari amerika selatan. Ditempat asalnya, bengkoang dikenal sebagai xicama atau jicama. Berikut ulasan mengenai manfaat bengkoang untuk kesehatan.

Bengkoang merupakan tanaman tahunan yang dapat tumbuh mencapai sekitar 4-5 meter panjangnya. Sedangkan akarnya bisa mencapai 2 meter. Batangnya menjalar serta membelit, dengan serabut halus yang mengarah kebawah. Bengkoang sering dikonsumsi ketika masih mentah dengan cara dibumbui berbagai rempah-rempah atau jus buah dan cabai bubuk.

Selain itu, bengkoang juga dapat diolah menjadi sup serta masakan tumisan. Akan tetapi beberapa manfaat kesehatan akan turun apabila dikonsumsi dengan cara demikian. Bengkoang juga bisa dikeringkan lalu dijadikan irisan seperti kentang goreng.

Manfaat bengkoang bagi kesehatan terutama berasal dari berbagai kandungan vitamin, fitonutrien, mineral serta senyawa organik lainnya. Termasuk serat makanan, vitamin E, folat, vitamin C, vitamin B6, asam pantotenat, potasium, magnesium, mangan, tembaga, zat besi serta protein.

Berikut beberapa ulasan tentang manfaat bengkoang bagi kesehatan tubuh yaitu:


Kesehatan pencernaan


Kandungan serat pada bengkoang dapat membantu meningkatkan curah feses, sehingga mampu mencegah sembelit. Berikutnya bengkoang merupakan sumber yang kaya akan serat larut tertentu yang disebut oligofructose inulin, yang manis, karbohidrat yang tidak memetabolisme menjadi gula sederhana. Untuk penderita diabetes bengkoang dapat dikonsumsi tanpa harus khawatir tentang peningkatan gula darah.


Sistem kekebalan tubuh


Kandungan vitamin C yang terdapat pada bengkoang berfungsi merangsang sel-sel darah putih sebagai pertahanan tubuh terhadap penyakit. Selain itu, vitamin C berfungsi melawan bakteri, jamur, virus, atau penyakit patogen yang akan merugikan tubuh.


Menurunkan tekanan darah


Bengkoang ternyata kaya akan kalium yang mampu mengelola tekanan darah. Dikarenakan kalium merupakan vasodilator serta mampu mengurangi ketegangan pada pembuluh darah sehingga bermanfaat untuk menghilangkan stres pada sistem kardiovaskular.


Mengatur sirkulasi darah


Kandungan tembaga serta zat besi yang ada pada bengkoang bermanfaat menjaga sistem peredaran darah. Dua mineral tersebut merupakan elemen yang sangat penting dari sel darah merah. Dengan adanya elemen tersebut dapat melancarkan oksigen menyebar keseluruh tubuh melalui sistem peredaran darah yang lancar.


Meningkatkan fungsi otak


Vitamin B6 pada bengkoang mampu meningkatkan fungsi otak serta kemampuan kognitif. Vitamin B6 juga dapat memaksimalkan proses metabolisme dan efisiensi berbagai sistem organ.


Kesehatan tulang


Mineral seperti mangan, zat besi, magnesium serta tembaga yang terkandung pada bengkoang bisa menjadi pendorong utama bagi kepadatan tulang kita. Mineral ini sangat penting untuk pertumbuhan tulang yang kuat, tulang baru serta penyembuhan kerusakan tulang. Secara tidak langsung hal ini dapat bermanfaat mencegah timbulnya osteoporosis.


Menurunkan berat badan


Mengkonsumsi makanan yang rendah kalori sangat di anjurkan bagi orang-orang yang mencoba menurunkan berat badan. Terutama makanan yang rendah kalori tersebut diperkaya nutrisi yang sehat. Bengkoang memiliki kandungan sekitar 35 kalori per 100 gram serta kaya akan nutrisi.

Karenanya bengkoang dapat menjadi cemilan yang sangat cocok bagi mereka yang ingin mengurangi nafsu makan. Mengurangi berat badan tanpa harus kehilangan gizi dari makanan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel