Khasiat dan manfaat jambu air untuk kesehatan mampu mengatasi peradangan



Masarief.com - Buah jambu air pasti sudah tidak asing lagi bagi anda, buah yang kerap disajikan dalam bentuk rujak ini dinilai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Lantas apa sajakah manfaat jambu air bagi kesehatan tubuh?

Kandungan serta nutrisi jambu air


Jambu air termasuk kedalam jenis jambu-jambuan (myrtaceae). Jambu air memiliki nama ilmiah syzygium aqueum merupakan tanaman endemik asia tenggara. Baik jambu air maupun daun jambunya, keduanya sama dinilai memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Manfaat jambu air tersebut tidak luput dari beberapa kandungan zat yang terdapat didalamnya, yaitu:

• fenolik
• myricetin
• flavonoid
• potasium
• serat
• vitamin E
• vitamin C
• vitamin A
• hexahydroxyflavone

Kandungan pada zat-zat tersebut memiliki perannya masing-masing, mulai dari antioksidan, antikanker, antihiperglikemik, hingga antimikroba.

Manfaat jambu air untuk kesehatan tubuh


Mengkonsumsi jambu air tidak hanya memberikan rasa yang segar serta nikmat, tetapi juga berbagai manfaat penting lainnya berkaitan dengan kesehatan tubuh anda.

Berikut ini adalah ulasan tentang beberapa manfaat buah jambu air yang baik untuk kesehatan anda, antara lain:


Mengatasi peradangan


Kandungan senyawa flavonoid pada jambu air yang mana senyawa ini bersifat antioksidan. Adanya kandungan flavonoid tersebut mengasilkan manfaat jambu air untuk mencegah serta mengatasi peradangan (inflamasi).

Peradangan adalah salah satu penyebab timbulnya sejumlah penyakit serius seperti penyakit jantung serta kanker. Oleh karena itu, asupan zat antioksidan yang cukup menjadi suatu hal yang sangat penting untuk anda perhatikan.


Merawat kesehatan kulit


Manfaat jambu air mampu merawat kesehatan kulit. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C yang mana vitamin ini bersifat antioksidan yang sangat efektif menangkal serangan radikal bebas.

Radikal bebas merupakan penyebab utama terjadinya kerusakan sel-sel pada tubuh tidak terkecuali sel kulit. Jika sel kulit mengalami kerusakan, maka akan timbul sejumlah masalah pada kulit yaitu seperti penuaan dini.


Mencegah stroke


Kandungan vitamin C yang ada pada jambu air kemungkinan dapat membantu meminimalisir risiko terkena penyakit stroke.

Sebuah studi menemukan sejumlah fakta bahwa konsentrasi vitamin C pada darah yang cukup tinggi efektif menurunkan risiko penyakit stroke sekitar 42 persen.

Tetapi, apakah hal tersebut bisa menjadikan jambu air efektif untuk mencegah stroke belum bisa dipastikan secara rinci. Masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk bisa membuktikan hal tersebut.


Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Mengkonsumsi jambu air secara rutin ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan yang dihasilkan oleh vitamin A yang terdapat didalam jambu air.

Menurut sebuah studi kurangnya asupan vitamin A disinyalir membuat tubuh lebih rentan terserang oleh infeksi.


Membantu menjaga berat badan


Mengkonsumsi jambu air secara rutin disinyalir cukup efektif guna mencegah berat badan melonjak drastis. Pasalnya pada jambu air terutama buahnya terdapat kandungan serat.

Serat dapat menghasilkan rasa kenyang lebih lama. Hal ini membuat anda dapat mengontrol pola makan sehingga berat badan anda bisa terjaga.


Merawat kesehatan sistem pencernaan


Serat yang terkandung dalam jambu air berfungsi untuk merawat kesehatan sistem pencernaan. Serat merupakan zat yang memiliki peranan penting  yang berkaitan dengan kesehatan sistem pencernaan.

Seperti yang telah dibahas, kekurangan serat menjadi pemicu adanya berbagai penyakit sistem pencernaan mulai dari susah buang air besar atau sembelit hingga masalah pada usus.


Merawat kesehatan mata

Merawat kesehatan mata tidak luput dari manfaat jambu air yang bisa anda dapatkan jika mengkonsumsinya secara rutin.

Kita semua tentu sudah tidak asing lagi dengan vitamin A yang berfungsi untuk vitamin mata. Kekurangan vitamin A dapat meningkatkan risiko seseorang terkena berbagai gangguan kesehatan mata seperti nyctalopia serta degenerasi makula akibat bertambahnya usia.


Menurunkan kadar kolesterol jahat


Melalui kandungan seratnya, jambu air juga berfungsi menurunkan kadar lemak LDL atau yang biasa kita sebut sebagai kolesterol jahat.

Jika mengkonsumsi secara rutin, serat pada jambu air mampu mengendalikan kadar kolesterol agar tidak berlebihan. Hal ini tentu saja sangat penting mengingat kolesterol adalah sumber penyakit dari kardiovaskular yaitu jantung serta stroke.


Meningkatkan kadar kolesterol baik


Sebaliknya, jika anda rutin mengkonsumsi jambu air berfungsi meningkatkan kadar lemak HDL atau kadar kolesterol baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat jambu air yang satu ini tidak luput dari kandungan niacin yang terdapat didalamnya. Niacin menurut pakar penelitian, efektif untuk meningkatkan kadar lemak HDL serta menurunkan kadar trigliserida dalam darah.


Mengendalikan gula darah


Tidak hanya buahnya, daun jambu air juga memiliki manfaat yang tidak kalah penting.

Manfaat daun jambu air ternyata berfungsi untuk mengontrol gula darah. Kadar gula darah berlebih menjadikan penyebab seseorang mengalami penyakit yang kita kenal sebagai diabetes.

Daun jambu air memiliki kandungan senyawa polifenol yang mana senyawa ini disebut dapat menjaga gula darah tetap terkendali.

Oleh karena itu, bagi penderita diabetes sangat disarankan untuk memasukkan daun jambu air kedalam daftar menu sehat harian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel