Khasiat dan manfaat buah duku yang menyehatkan

Khasiat dan manfaat buah duku yang menyehatkan

Masarief.com - Langsat adalah nama lain dari buah duku, buah yang berbentuk bulat kecil dan tekstur yang unik ini memiliki rasa yang enak ternyata juga terkandung beberapa manfaat di dalamnya.

Tidak hanya pada dagingnya saja, ternyata bijinyapun dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Simak beberapa penjelasan manfaat buah ini berikut ulasannya:


1. Mencegah malaria


Ekstrak yang terdapat pada biji buah duku mampu membantu pencegahan malaria. Kandungan senyawa kimia yang terdapat pada kulit serta daun dari tanaman ini mampu mencegah pertumbuhan plasmodium falciparum, parasit yang menyebabkan malaria.

2. Mengandung vitamin A


Kandungan vitamin A yang terdapat pada buah duku mampu memberikan manfaat kesehatan menjadi beragam. Karena vitamin A adalah komponen yang penting bagi tubuh dan menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Vitamin ini juga sangat penting bagi mata, kulit, gigi serta jaringan pada tubuh.


3. Sumber vitamin B


Vitamin B yang tekandung pada buah duku juga bisa di jadikan sumber alami bagi tubuh, terutama B2 atau riboflavin. Vitamin B berfungsi sebagai pengolah karbohidrat yang kita konsumsi agar menjadi energi serta menjaga sistem saraf bekerja dengan baik.


4. Mengandung antioksidan


Kandungan antioksidan yang melimpah pada buah duku akan membantu mencegah kerusakan sel tubuh akibat paparan radikal bebas yang berlebih. Paparan tersebut menyebabkan dampak seperti penuaan dini dan juga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit yang mengakibatkan stroke dan jantung.


5. Kaya akan serat


100 gram buah duku segar yang anda konsumsi, disinyalir mampu memenuhi 8-11 persen serat harian. Serat sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh, seperti melancarkan pencernaan hingga mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

0 komentar

Posting Komentar