Buah kedondong yang baik bagi kesehatan

Buah kedondong yang baik bagi kesehatan

Masarief.com - Siapa tidak kenal buah kedondong, buah yang sering dijadikan rujak atau manisan ini ternyata memiliki manfaat. Buah yang memiliki rasa manis asam ini memang sangat cocok jika dipadukan dengan gula merah pedas.

Banyak penggemar buah kedondong ini salah satunya ibu hamil yang sedang ngidam. Tapi taukah anda buah kedondong ini baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh.
Kedondong atau (spondias dulcias) adalah sejenis pohon besar khas daerah tropis.

Buah yang tingginya bisa mencapai 20 meter ini sering tumbuh didataran rendah sebagai habitatnya. Buah yang memiliki bentuk bulat lonjong sebesar kepalan tangan dengan warna kulit yang hijau.

Tetapi jika sudah matang kulit buah kedondong ini akan berubah kekuningan, bentuk biji buah kedondong juga cukup unik memiliki banyak serabut yang keras.

Buah kedondong yang baik bagi kesehatan


Selain bisa dikonsumsi secara langsung atau dirujak, buah kedondong juga telah dibuat menjadi aneka produk makanan seperti dodol atau selai. Berikut ini beragam manfaat buah kedondong yang baik bagi kesehatan karena kandungan nutrisinya.


Meningkatkan vitalitas


Buah kedondong diketahui mempunyai kandungan yang kaya akan gula sukrosa yang berfungsi sebagai penambah energi dan meningkatkan vitalitas pada tubuh. Jika tubuh merasa lemas atau kurang bersemangat maka anda bisa mengkonsumsi buah kedondong sebagai cemilan sehat anda.


Mencegah dehidrasi


Buah kedondong juga diketahui kaya akan kandungan airnya serta seratnya. Hal ini sangat berguna untuk melancarkan sekaligus menjaga dan mengatasi gangguan pada pencernaan. Karena itu buah kedondong sangat baik untuk menjaga dehidrasi.


Bersifat antioksidan serta meningkatkan imunitas


Kandungan vitamin C pada buah kedondong juga ampuh untuk menjaga daya tahan tubuh. Antioksidan yang terkandung didalam buah kedondong juga berfungsi sebagai penangkal radikal bebas penyebab penyakit.


Mengobati luka


Buah kedondong juga memiliki kandungan vitamin A serta zat aktif yang berguna untuk meredakan dan mengobati luka bakar atau luka borok. Maka konsumsilah buah ini untuk penyembuhan luka dari dalam.


Menurunkan berat badan


Selain kaya akan serat buah kedondong juga rendah akan lemak. Termasuk kandungan karbohidrat serta peroteinnya. Karena itulah buah kedondong sangat baik untuk cemilan sehat anda karena bisa menurunkan berat badan.


Menyehatkan jantung


Buah kedondong diketahui memiliki gizi yang lengkap untuk meningkatkan kesehatan pada jantung. Mengkonsumsi buah kedondong sangat bagus untuk mencegah penyakit jantung.


Mengendalikan kadar kolesterol


Antioksidan dan kandungan vitamin C pada buah kedondong bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus mengontrol dan mengendalikan kadar kolesterol. Dianjurkan mengkonsumsi buah kedondong setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak seperti daging. Tentu akan membantu mengontrol kadar kolesterol.


Meredakan batuk


Manfaat buah kedondong berikutnya adalah untuk mengobati batuk. Buah kedondong ini biasanya dihaluskan kemudian ditambahkan sedikit garam untuk diminum 2 kali sehari untuk menyembuhkan batuk.


Mengatasi anemia


Kandungan zat besi pada buah kedondong sangat baik dalam meningkatkan sel darah merah serta mengatasi anemia. Oleh sebab itu buah kedondong sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan penderita anemia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel