Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Masarief.com - Rasa buah manggis yang manis dan asam, ada banyak sekali manfaat untuk kesehatan yang bisa kita dapatkanBeragam manfaat buah manggis ini terdapat berbagai kandungan nutrisi yang sangat penting.

Ada beragam nutrisi yang terkandung dalam buah manggis, di antaranya adalah vitamin C, vitamin B2, folat, magnesium, dan xanthones. Kandungan nutrisi di dalam buah manggis tersebut diyakini dapat menurunkan berat badan, meningkatkan daya tahan tubuh, bahkan mencegah penyakit kanker.


Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan


Berbagai manfaat buah manggis

Berikut ini adalah beragam manfaat buah manggis yang bisa anda dapatkan dengan cara rutin mengkonsumsinya :

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan serat serta vitamin C, mineral, dan xanthones pada manggis bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Selain itu, kandungan di dalam buah manggis juga mengandung senyawa yang bersifat antibakteri, jika anda mengonsumsinya dan juga diyakini dapat melawan infeksi di dalam tubuh.


2. Mengontrol kadar gula darah
Manfaat buah manggis yang bisa mengontrol kadar gula darah. Karena didalam buah manggis terkandung serat yang mampu membantu menstabilkan kadar gula darah.

Selain kandungan serat dalam manggis, kandungan xanthones pada buah ini juga diklaim mampu membantu menstabilkan kadar gula darah. Meski begitu, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Mempercepat Penyembuhan


Manfaat buah manggis yang selanjutnya adalah untuk mempercepat penyembuhan. Buah dengan rasa manis ini memiliki sifat anti bakteri dan anti radang. Buah ini bisa digunakan sebagai solusi penyembuhan luka dengan cepat.
Anda bisa memanfaatkan daun dan kulit manggis lalu dicampur dengan ramuan obat lain untuk dibubuhkan pada luka agar lebih cepat pemulihannya. Langkah pembuatan ramuan sehat ini cukup mudah yaitu dengan merebus daun serta kulit pohon manggis.

4. Mengontrol Diabetes

Diabetes merupakan salah satu  penyakit yang sebaiknya diwaspadai. Selain daging dari manggis yang bisa mencegah  diabetes, anda juga bisa memanfaatkan kulit buahnya. Kulit manggis memiliki kandungan zat bernama xanthone yang dapat mengubah asupan makanan menjadi energi serta melunakkan sel-sel kembali.
Kemungkinan seseorang untuk mengalami diabetes umumnya meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Inilah kenapa, dokter seringkali memberi rekomendasi pasiennya dengan usia 45 atau lebih untuk melakukan tes diabates, apalagi jika pasien tersebut memiliki kelebihan berat badan atau obesitas.

5. Mengobati Diare dan Disentri

Bagi anda yang tengah mencari obat untuk diare dan disentri, anda bisa memanfaatkan kulit manggis dan dagingnya untuk dijadikan alternatif pengobatan. 
Dalam mengobati gangguan perut berupa diare dan disentri, anda bisa menggunakan kulit buah mangis untuk kemudian direbus. Selanjutnya, tunggu air rebusan hingga dingin lalu tambahkan madu ke dalamnya. Jangan lupa untuk menyaring kulit manggis dari air rebusan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.
Itulah beberapa tips kesehatan yang dapat saya sampaikan, semoga beanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel