Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Masarief.com - Kurma termasuk tanaman yang tumbuh sepanjang tahun, tetapi biasanya akan dipanen saat musim gugur atau awal musim dingin di negara asalnya, yaitu Arab. Dipanen saat awal musim dingin bukan tanpa alasan, sebab kondisi kurma akan lebih segar saat di musim tersebut.

Kandungan utama yang ada di buah kurma adalah karbohidrat sederhana, bahkan 70 persennya ialah terdiri dari karbohidrat. Terdapat pula sumber nutrisi lainnya, di antaranya serat, protein, kalsium, zat besi, dan vitamin B6.

Kurma merupakan salah satu makanan yang selalu disantap oleh Nabi Muhammad dalam bulan Ramadan. Panganan bercita rasa manis ini ternyata memiliki segudang khasiat bagi tubuh Anda.

Nutrisi yang terdapat di dalam kurma cukup banyak  sehingga menjadikan buah kurma kaya akan manfaat. Berikut ini manfaat kurma bagi kesehatan tubuh :


1. Meningkatkan fungsi otak


Dengan mengkonsumsi buah kurma, anda bisa mengurangi aktivitas protein beta amiloid yang dapat membentuk plak di otak. 

Plak adalah suatu lapisan lunak yang terdiri atas kumpulan mikroorganisme yang berkembang biak di atas suatu matriks. Biasanya plak terdapat di gigi yang menyebabkan timbulnya karang.

Ketika plak menumpuk di otak, mereka dapat mengganggu komunikasi sel-sel otak yang bisa menyebabkan kematian sel otak. Hal inilah salah satu penyebab munculnya penyakit Alzheimer dan demensia.


2. Memenuhi cairan tubuh


Buah yang sering dikonsumsi saat bulan puasa ini ternyata memiliki kandungan air yang bisa membantu mengembalikan cairan tubuh selepas berpuasa seharian. 

Juga, gula yang tinggi bisa bantu menaikkan gula darah anda yang sempat turun akibat tujuh hingga delapan jam tidak mengkonsumsi makanan.

Manfaat ini kebanyakan didapatkan dari mengkonsumsi buab yang muda dan segar serta warnanya hijau atau kuning. Jika sudah tua, biasanya kandungan airnya sedikit.


3. Menjaga kesehatan pencernaan


Memiliki kandungan serat makanan yang baik, kurma dapat membantu anda untuk menjaga kesehatab pencernaan. Sekitar 6.4 persen hingga 11.5 persen kurma terdiri dari serat, terutama jenis yang tidak larut.

Jenis serat tidak larut dalam makanan dapat membantu memadatkan feses dan melancarkan pencernaan. Dengan mengkonsumsi kurma, kemungkinan terkena diare dan sembelit akan berkurang.


4. Menangkal radikal bebas


Kurma memiliki kandungan antioksidan yang mampu mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan melindungi sel dan jaringan tubuh dari stres yang bisa memicu berbagi risiko penyakit.

Beberapa jenis antioksidan di buah kurma yang dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker ialah flavonold, karorenoid dan asam fenolik. Karetonoldpun mampu berfungsi untuk mengurangi risiko gangguan pada mata akibat penuaan.


5. Menyehatkan tulang


Kandungan selenium, mangan, tembaga, dan magnesium yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang terdapat di buah kurma. 

Berdsarkan penelitian, semua nutrisi tersebut dipelajari mampu mencegah osteoporosis. Penelitian lainnnya mengatakan, kurma mengandung boron yang bisa menjaga kesehatan tulang.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi kurma bagi kesehatan.
Sedikit informasi yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel