Manfaat Buah Durian: dapat melawan Kanker hingga Cegah Penuaan Dini

Manfaat Buah Durian: dapat melawan Kanker hingga Cegah Penuaan Dini

Masarief.com - Buah durian merupakan salah satu buah yang memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan. Di Indonesia sendiri, buah durian dapat dengan mudah ditemukan dan hadir dalam berbagai bentuk serta olahan seperti permen hingga es krim.
Buah yang hanya berbuah satu tahun sekali ini memiliki bau yang khas dan rasa yang manis. Selain kelezatannya, durian juga ternyata memiliki berbagai manfaat  bagi tubuh.
Buah durian memiliki nama ilmiah durio zibenthinus Linn dan masuk dalam keluarga Bombacaceae dengan biji besar yang diselimuti daging buah. Durian merupakan buah asli dari Asia Tenggara yang dijuluki sebagai “king of fruits".
Buah durian merupakan buah yang dikenal secara luas karena rasa serta manfaatnya bagi kesehatan. Durian mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Menurut penelitian, durian memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, meningkatkan sistem pencernaan, memperkuat tulang, memperbaiki anemia, mencegah penuaan dini, dan menurunkan tekanan darah.
Berikut manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi durian.


1. Membantu menjaga kesehatan tulang

Kandungan logam termasuk kalium dan kalsium pada buah durian dapat membantu menjaga tulang agar tetap sehat. Kalium sangat penting untuk mengatur penyebaran dan pengendapan kalsium dalam tulang sehigga tidak larut atau dilepaskan ke dalam darah secara berlebihan.


2. Mencegah penuaan dini

Buah durian memiliki berbagai jenis antioksidan dari vitamin dan senyawa kimia alami yang aktif dalam mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh.

Mengonsumsi durian dalam jumlah banyak akan mengurangi kemungkinan penuaan dini dan menghambat munculnya gejala penuaan seperti keriput, bintik-bintik penuaan, degenerasi makula, rambut rontok, pelonggaran gigi, radang sendi, dan penyakit jantung. 

Kandungan Air dalam buah durian juga bisa menjaga kulit tetap terhidrasi, mengurangi kekeringan dan mengurangi munculnya garis-garis halus.


3. Meredakan anemia

Anemia merupakan kondisi medis yang menyebabkan kurangnya tingkat hemoglobin pada darah. Kekurangan hemoglobin dapat menimbulkan kelelahan, sakit kepala, insomnia dan lain-lain. Anemia pada wanita hamil akan mempengaruhi janin seperti menyebabkan kelainan hingga kematian.
Kandungan asam folat yang tinggi pada durian penting dalam memproduksi hemoglobin dan mengurangi kondisi anemia. Selain itu, asam folat dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan secara teratur dan melindungi otak serta tulang belakang bayi.


4. Membantu meringankan depresi dan meningkatkan kualitas tidur

Amino acid yang diketahui sebagai triptofan dalam durian merupakan senyawa pemicu tidur alami. Triptofan dapat meningkatkan kadar serotonin dan melatonin yang diperlukan untuk mengontrol emosi. 

Dua bahan kimia ini juga dapat mengurangi stres, sulit idur, kecemasan, nafsu makan serta depresi. Selain itu, senyawa ini peting untuk mengatur fungsi tidur dan dapat digunakan dalam penyembuhan epilepsi.


5. Melawan kanker

Buah Durian memiliki kandungan vitamin, nutrisi, dan senyawa kimia alami yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan penting untuk melawan kanker, dan radikal bebas. 

Radikal bebas dapat menghancurkan DNA dari sel biasa dan mengubahnya menjadi sel kanker, dan dapat membentuk pertumbuhan tumor yang fatal. Vitamin C, B, E, serta fitonutrien dalam d.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel