Khasiat dan manfaat buah jeruk bagi kesehatan

Khasiat dan manfaat buah jeruk bagi kesehatan

Masarief.com - Buah jeruk yang memiliki khasiat serta manfaat merupakan buah sitrus yang mengandung vitamin C dan antioksidan, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dan flu.

Kandungan phytochemicals dapat mencegah beberapa penyakit kanker, berikut beberapa khasiat serta manfaat buah jeruk :


1. Mencegah penyakit ginjal


Penelitian telah menemukan bahwa konsumsi jus jeruk secara rutin dan teratur membantu mencegah batu ginjal. Pasalnya, buah jeruk dapat mengusir kelebihan sitrat dalam urin dan mengurangi tingkat keasamannya. 

Buah jeruk juga membantu fungsi ginjal dengan baik dengan cara mencegah tekanan darah tinggi dan mengendalikan kadar gula, mengurangi stres.


2. Membantu mencegah asma


Mengkonsumsi buah jeruk secara teratur di ketahui dapat menurunkan frekuensi serangan asma. Sifat anti-inflamasi ini membantu mengurangi radang saluran pernapasan. 

Serta menetralkan kerusakan oksidasi oleh radikal bebas karena di ketahui meningkatkan peradangan dan menyebabkan asma. Flavonold yang ada dalam jeruk dapat mengurangi sensitivitas bronkial.


3. Memurnikan darah


Buah jeruk dapat menjadi pembersih alami. Flavonold yang ada di dalam buah jeruk dapat meningkatkan aktivitas enzim dalam tubuh dan membantu hati mengeluarkan racun. 

Vitamin C yang terdapat dalam buah jeruk mampu meningkatkan produksi kolagen, sehingga membuat kulit lebih elastis dan mengurangi penuaan. 

Serat makanan di dalam buah jeruk membuat perut tetap bergerak, sehingga menghilangkan limbah serta zat yang tidak di inginkan keluar dari tubuh.


4. Mencegah penyakit jantung


Antioksidan yang terkandung di dalam buah jeruk dapat melawan kerusakan radikal bebas dan membantu mencegah oksidasi kolesterol. 

Hal yang dapat memicu serangan jantung adalah cenderung menempelnya kolesterol oksidasi di bagian dalam arteri yang membatasi suplai darah kejantung. 


5. Melancarkan pencernaan


Sumber serat yang sangat baik larut dan tidak larut ada pada jeruk. Untuk itu, jeruk sangat bagus untuk membuat perut anda tetap sehat. Serat di dalamnya akan mengeluarkan kotoran sehingga mencegah sindrom iritasi usus besar.

Buah jeruk juga dapat merangsang peoduksi cairan pencernaan serta memperbaiki pencernaan. Ini adalah cara paling ampuh untuk menghilangkan sembelit.


Sekian beberapa khasiat dan manfaat dari buah jeruk yang saya ketahui semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel