5 Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Masarief.com - Jahe memiliki senyawa kimia yang bisa bereaksi positif di dalam lambung dan usus hingga mampu mengurangi mual dan nyeri. Senyawa tersebut juga diduga bisa bekerja baik di otak dan sistem saraf guna meredam rasa mual. Di samping itu, masih banyak kasiat jahe lainnya yang bisa kita dapatkan.



Jahe merupakan tanaman herbal yang berkasiat untuk mengatasi berbagai kondisi, mulai dari mual, batuk, nyeri sendi, hingga nyeri akibat terapi kanker. Namun jika ditinjau dari segi medis, ada lima kasiat jahe yang baik bagi tubuh.


Berikut beberapa manfaat jahe yang bisa di percaya dapat mananggulangi beberapa kondisi dengan cara mengkonsuminya:


1. Meredakan pusing


Pusing dapat mngabitkan anda kehilangan keseimbangan, seperti pandangan berkunang-kunang dan mungkin di sertai oleh mual. Pusing yang di sertai mual di sinyalir bisa di tanggulangin dengan mengkonsumsi jahe.


2. Mengurangi nyeri menstruasi


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe bisa membantu mengurangi nyeri saat mentruasiBagi wanita yang sering merasa nyeri saat menstruasi, bisa coba mengonsumsi ekstrak jahe sebanyak kurang lebih 500 -  2000 mg, selama tiga hari di awal menstruasi.


3. Mencegah morning sickness


Kondisi mual dan muntah akibat morning sickness yang kerap di alami oleh para wanita di awal kehamilan, dapat di kurangi dengan cara mengkonsumsi jahe. Tapi ingat, bagi ibu hamil tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat terkecuali sudah berkonsultasi oleh dokter sebelum mengkonsumsi jahe.


4. Nyeri sendi


Nyeri sendi atau kekakuan sendi yang di akibtkan oleh cidera, obesitas dan penuaan sendi. Pakar penelitian menyatakan, rasa sakit pada kondisi ini dapat di atasi dengan cara mengkonsumsi ekstrak jahe. Seperti minyak jahe, dapat meringankan rasa nyeri pada persendian dengan cara di pijat.


5. Mengurangi mual dan muntah setelah operasi


Mengkonsumsi jahe beberapa jam sebelum operasi disinyalir bisa mengurangi rasa mual dan muntah selama 1 hari pasca operasi. Selain dikonsumsi, mengoleskan minyak jahe di sinyalir bisa mencegah mual.

Sedikit informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel