5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan


Masarief.com - Dikenal sebagai bumbu dapur dengan warna kuning yang berasal dari zat kurkumin. Selain bumbu untuk memasak, kunyit umumnya digunakan sebagai bahan pembuat ramuan jamu.
Dr. Fala Adinda mengatakan kunyit memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, seperti arabinosa, fruktosa, glukosa, kalsium, kalium natrium, kobalt, seng, zat warna kurkumin, dan minyak atsiri.
Karenanya, kunyit punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Dari sekaian banyak, berikut ini beberapa ulasan di antaranya.

1. Meredakan peradangan

Zat aktif yang terkandung di dalam kunyit terdapat zat  kurkumin yang mengandung antioksidan sebagai pencegah anti radang. Satu sendok teh kunyit terdapat 200 miligram kurkumin yang bekerja sebagai penghambat sitokin dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh.

Kurkumin juga dapat mengurangi peradangan dengan cara menurunkan histamin dan meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal. Peneliti menunjukan bahwa kunyit bisa mengobati berbagai peradangan seperti kanker, penyakit kardiovaskular, aterosklerosis dan radang sendi.

2. Mengobati sakit maag

Penyakit maag dapat dipicu adanya luka di lambung yang di akibatkan infeksi bakteri, mengkonsumsi obat anti nyeri jangka panjang, rokok, alkohol serta berbagi macam makanan yang di konsumsi. Keadaan tersebut dapat mengikis lapisan dinding usus serta memicu asam lambung naik.

Penelitian menyatakan, efek curcumin dapat mengobati peradangan yang disebabkan luka dan melindungi perut dari iritan-iritan dengan meningkatkan produksi lendir pada lambung. Kunyit juga dapat membantu mengurangi frekuensi gejala maag karena kurkumin mampu mengendalikan produksi asam lambung dan empedu yang berlebih.

3. Meredakan perut kembung

Kandungan kurkumin yang terdapat di dalam kunyit membantu otot organ pencernaan bergerak lebih leluasa. Hal ini membuat otot organ dapat bergerak seperti seharusnya untuk mengurangi tekanan gas dalam perut dan menghentikan produksi asam lambung lebih yang menyebabkan perut kembung.

4. Meredakan nyeri ketika haid

Bagi para wanita yang mengalami nyeri ketika haid, mengonsumsi kunyit dapat membantu meredakan nyeri saat haid. Kandungan kurkumin dalam kunyit berfungsi sebagai pereda nyeri alami yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram.
Kurkumin juga mengurangi aliran ion kalsium yang masuk pada sel-sel epitel rahim. Selain itu, kurkumin yang terkandung di dalam kunyit juga mengurangi produksi hormon penyebab rasa sakit dan peradangan.

5. Menurunkan resiko penyakit pada jantung

Penyebab penyakit jantung yang paling utama adalah disfungsi endotelial yang mengakibatkan endotelium tak dapat mengatur tekanan pada darah.

Kurkumin yang terkandung di dalam kunyit berfungsi menekan respon peradangan dan oksidasi dalam sel tubuh yang berperan pada penyakit jantung, juga membantu meningkatkan lapisan saluran pada darah.
Manfaat tersebut dihasilkan oleh kurkumin yang memiliki efek antiperadangan dan berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Namun, kandungan kurkumin dalam kunyit hanya sekitar 3 persen dari beratnya, sehingga sulit mendapat manfaat optimal hanya dari kunyit saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel