5 Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan


Masarief.com - Rempah-rempah memang sangat beragam jenisnya. Umumnya berbagai jenis rempah bisa dijadikan bumbu makanan sampai obat-obatan herbal. Salah satu jenis rempah yang sudah tidak asing lagi di pasaran adalah kapulaga. Rempah jenis apa sebenarnya kapulaga itu? Adakah manfaat yang terkandung pada kapulaga selain untuk dijadikan bumbu makanan? Bagaimana cara mengolah kapulaga? Temukan jawabannya di sini !


Kapulaga adalah jenis rempah-rempah yang dihasilkan dari beberapa jenis tanaman. Anda mungkin akan bertanya-tanya ketika melihat buah yang menghasilkan kapulaga, karena ternyata kapulaga dihasilkan dari biji tanaman-tanaman dari genera (genus) Elettaria dan Amomun. Tanaman penghasil kapulaga masuk ke dalam famili Zingiberaceae atau yang lebih dikenal dengan jahe-jahean.

Manfaat yang terkandung di dalam kapulaga bagi kesehatan berikut adalah beberapa manfaat kapulaga bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui!




1. Mengurangi stres


Manfaat kapulaga yang pertama adalah untuk memperbaiki suasana hati dan mengurangi stres. Kapulaga ampuh sebagai obat herbal yang memiliki sifat antidepresan. Mengonsumsi atau menghirup aroma kapulaga dipercaya dapat memberikan efek sedatif yang bisa menenangkan. Konsumsi kapulaga secara rutin dapat terus membuat mood Anda membaik dan Anda pun bisa mengurangi dan juga menghindari rasa stres.

2. Mencegah infeksi


Manfaat kapulaga yang kedua adalah dapat menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit akibat infeksi. Kapulaga memiliki sifat antimikroba, sehingga kapulaga mampu untuk melawan berbagai jenis bakteri, virus, dan jamur tertentu yang bisa menyebabkan infeksi dan gangguan didalam tubuh. Bisa disebutkan bahwa kapulaga adalah salah satu jenis obat herbal yang ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Baik untuk tulang


Manfaat kapulaga yang ketiga adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Kapulaga mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk tulang. Beberapa di antaranya adalah seperti vitamin C dan juga mangan. Zat-zat ini memiliki manfaat untuk menjaga kepadatan tulang dan juga kesehatan tulang. Kepadatan tulang yang terjaga akan menghindarkan Anda dari penyakit osteoporosis atau pengeroposan pada tulang.

4. Mengobati batuk dan pilek


Manfaat kapulaga yang keempat adalah dapat mengobati batuk dan pilek. Kapulaga bisa memberikan efek menenangkan dan juga membantu mengencerkan dahak. Pernapasan pun menjadi lebih lancar. Rasa dari kapulaga juga mampu untuk memberikan efek hangat sehingga Anda juga bisa terhindar dari kedinginan.

5. Kesehatan mulut dan tenggorokan


Manfaat dari kapulaga ternyata dapat menjaga kesehatan mulut dan tenggorokan. Kapulaga memiliki sifat antiinflamasi yang bisa meredakan gejala seperti sariawan hingga radang tenggorokan. Kapulaga juga dipercaya ampuh untuk meredakan napas tidak sedap dan membuat napas menjadi lebih segar.
Sekian manfaat dari kapulaga yang bisa saya bagikan untuk anda semoga bermanfaat .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel